New York kini memiliki wali kota baru. Namanya Eric Adams. Eks polisi berpangkat kapten tersebut telah dilantik pada 1 Januari lalu. Adams rupanya hobi bersepeda. Gowes, serta mengonsumsi makanan berbasis tumbuhan, menjadi obat saat ia didiagnosis menderita diabeter tipe 2 pada 2016 silam.

Hobi bersepedanya itu berlanjut ketika ia mengemban amanah sebagai Wali Kota New York. Adams bersepeda di hari keduanya menjabat, setelah sebelumnya ngantor naik kereta bawah tanah. Dalam unggahan di akun media sosial Pemerintahan New York, Adams gowes menggunakan sepeda dari Citi Bike.

Dalam gambar tersebut, tampak sang wali kota baru mengenakan jas warna gelap dengan dasi pink, serta helm merah-hitam. Adams bukan hanya hobi bersepeda, ia telah berjanji untuk mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang pro cyclist.

Salah satunya soal jalur sepeda yang terproteksi. Adams siap membangun jalur sepanjang 300 mil, atau sekitar 482,8 kilometer. Proyek ini ditargetkan tuntas sebelum periode kepemimpinannya habis empat tahun mendatang.

"Mereka akan melihat saya mengendarai sepeda saya melalui kota, melihat saya mencuci sendiri, melihat saya di supermarket, melihat saya di kereta. Mereka ingin melihat pemimpin mereka lagi," terang Wali Kota New York kedua yang berkulit hitam itu pada Juni tahun lalu.

Wali kota sebelumnya, Bill de Blasio juga mendukung cyclist dengan membangun jalur sepeda terproteksi sepanjang 30 mil (48 kilometer) pada 2021. Ia juga sering menyerukan warganya untuk gowes atau jalan kaki saat ke kantor. Namun De Blasio, menurut New York Post, lebih sering bepergian naik mobil. (mainsepeda)

Foto: Twitter @nycgov


COMMENTS