Pit Pawitikra, Wadah Alumni Pawitikra Jogja

Komunitas sepeda makin berkembang dewasa ini. Mereka terbentuk dengan berbagai latar belakang. Ada yang dipersatukan karena tinggal di satu komplek perumahan yang sama. Ada pula yang berasal dari sekolah yang sama. Pit Pawitikra salah satunya.

Pit Pawitikra dapat diartikan sebagai sepeda Pawitikra. Mereka adalah wadah bagi pehobi olahraga bersepeda di SMPN 5 Jogjakarta. Sekolah tersebut memiliki sebutan Pawitikra. Sesuai dengan namanya, Pit Pawitikra memiliki anggota yang mayoritas alumni sekolah tersebut.

Pit Pawitikra resmi berdiri pada pada 24 Oktober 2020 lalu. Perayaan hari jadi yang pertama dikemas dengan pelbagai acara, akhir pekan kemarin. Menu utama tentu saja gowes bareng. Diikuti lebih dari 60 cyclist. Gowes ini menerapkan protokol kesehatan ketat.

Cyclist yang berpartisipasi juga diwajibkan sudah menjalani vaksinasi hingga dua kali. Sebab ini syarat mutlak untuk berkegiatan di luar ruangan desawa ini. Selain itu, seluruh peserta gowes bareng wajib menggunakan masker, helm, gloves, dan kelengkapan lainnya.

Syukuran hari jadi pertama Pit Pawitikra

Dalam gowes bareng itu, rombongan dibagi menjadi dua peloton. Masing-masing dipimpin oleh road captain dan didampingi team sweeper. Start-nya dari halaman SMPN 5 Jogjakarta. Mereka mengunjungi sejumlah situs bersejarah di Jogja. Lalu finis di kawasan Janti.

"Acara ini untuk lebih mengakrabkan alumni Pawitikra. Sehingga semakin guyub dan kompak. Membuat Pawitikra dikenal sebagai sekolah yang memiliki alumni yang guyub," kata Ketua Yayasan IKA Pawitikra, Muhammad Ismet. Acara berlangsung guyub dan diselingi ger-geran. Dihibur live music dan bertabur doorprize.

Selain gowes bareng, acara tersebut juga dibarengi dengan peluncuran jersey anyar Pit Pawitikra. Dihadiri oleh alumni dari berbagai angkatan. Yang paling senior adalah P67 atau lulusan tahun 1967. Yang termuda ada P2019, atau lulusan 2019.

Ketua Pit Pawitikra Ito Pramusinto mengatakan, bersepeda sangat efektif untuk mengakrabkan alumni Pawitikra dari berbagai angkatan. Selain sebagai ajang silaturahmi, juga menjadi sarana agar tetap fit di masa pandemi ini. "Kebetulan hobinya sama. Sama-sama cari sehat dengan bersepeda," jelasnya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 62

Foto: Dokumentasi Pit Pawitikra


COMMENTS