Elizabeth "Lizzie" Deignan mengukir sejarah sebagai rider pertama yang memenangi Paris-Roubaix Femmes. Pembalap Trek-Segafredo ini menaklukkan balapan berjuluk "Hell of the North" ini dengan cara yang sangat keren. Deignan melakukan solo ride sejauh 82,5 kilometer!

Paris-Roubaix Femmes adalah edisi pertama balapan perempuan lomba Paris-Roubaix. Balapan ini berlangsung di rute sepanjang 116,4 kilometer. Pembalap start dari Denain menuju Roubaix. Lomba Paris-Roubaix Femmes 2021 diikuti para pembalap top. Termasuk juara dunia road 2021, Elisa Balsamo (Valcar-Travel & Service).

Seperti lomba di sektor putra, Paris-Roubaix Femmes seharusnya berlangsung April. Tetapi pandemi Covid-19 membuat Amaury Sport Organisation (ASO) sebagai penyelenggara, memutuskan memundurkan jadwal menjadi Oktober. Tepat di musim gugur.

Perubahan jadwal ini membuat lomba melalui rute yang basah. Alhasil banyak rider terjatuh karena terpeleset di jalanan berlumpur.
Deignan mulai beraksi setelah peloton menangkap tiga pembalap yang melakukan breakaway. Sosok asal Inggris ini menjadi rider pertama yang memasuki jalanan berbatu kasar (cobbles). Sekitar 82,5 kilometer menuju finis. Deignan terus memimpin dan tak terkejar.

Dia meninggalkan peloton dengan 1 menit 37 detik di sisa 60 kilometer. Rider kawakan asal Belanda, Marianne Vos (Jumbo-Visma) coba mengejar. Vos memangkas jarak menjadi 1 menit 10 detik di sisa 15 kilometer. Tetapi Deignan terlalu tangguh untuk ditaklukkan.

Pembalap 32 tahun ini memenangi edisi perdana Paris-Roubaix Femmes dengan catatan waktu 2 jam 56 menit 7 detik. Vos di posisi kedua dengan selisih 1 menit 17 detik. Juara Italia, Elisa Longo Borghini (Trek-Segafredo) menduduki ranking tiga dengan gap 1 menit 47 detik.

"Saya merasa sangat emosional. Saya sangat senang. Sangat bangga. Saya tak percaya hal ini terjadi," kata Deignan selepas lomba. Dia merasa bangga menjadi pembalap pertama yang memenangi ajang ini.
"Balap sepeda wanita berada pada titik balik ini, dan Anda melihatnya hari ini. Ini adalah bagian dari sejarah. Saya bangga menjadi bagian dari tim yang juga membuat sejarah," akunya.

Kemenangan di Paris-Roubaix Femmes menjadi gelar kedua Deignan musim ini. Sebelumnya, pembalap kelahiran Otley, Leeds, Inggris ini menjuarai Tour de Suisse Women 2021. (mainsepeda)

Hasil Paris-Roubaix Femmes (Big Ten)
1. Elizabeth Deignan (Inggris), Trek-Segafredo 2 jam 56 menit 7 detik
2. Marianne Vos (Belanda), Jumbo-Visma +1:17
3. Elisa Longo Borghini (Italia). Trek-Segafredo +1:47
4. Lisa Brennauer (Jerman), Ceratizit-WNT +1:51
5. Marta Bastianelli (Italia), Ale' BTC Ljubljana +2:10
6. Emma Norsgaard (Denmark), Movistar +2:10
7. Franziska Koch (Jerman), Team DSM +2:10
8. Audrey Cordon Ragot (Prancis), Trek-Segafredo +2:10
9. Marta Cavalli (Italia), FDJ Nouvelle-Aquitaine Futuroscope +2:10
10. Chantal van den Broek-Blaak (Belanda), Team SD Worx +2:10

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 58

Foto: Getty Images


COMMENTS