Cervelo R5 Baru: Lebih Ringan, Kurangi Kaku

Akhirnya, Cervelo resmi meluncurkan seri R5 terbaru. Pada April lalu, sepeda ini sebenarnya sudah nongol secara publik. Primoz Roglic, bintang Tim Jumbo-Visma, sudah mengendarainya di arena WorldTour. Disusul oleh pembalap-pembalap lain tim tersebut. Bahkan, Roglic menggunakan sepeda ini untuk merebut lagi juara Vuelta a Espana 2021 lalu.
Walau sudah lama nongol, sepeda itu baru resmi diluncurkan akhir September ini. Tanpa gembar-gembor berlebihan, menekankan bahwa R5 ini merupakan hasil evolusi, mencoba membuat versi yang lebih baik lagi.

Bagi penggemar sepeda baru, mungkin tidak banyak yang familiar dengan sejarah R5. Dari dulu, inilah sepeda balap allround andalan Cervelo. Digunakan para bintang dunia untuk menaklukkan lomba-lomba terbesar, khususnya yang grand tour dan harus melewati banyak pegunungan.

Varian-varian dari R5 sering digunakan untuk menunjukkan keunggulan kemampuan Cervelo dalam membuat sepeda handal. Misalnya, seri-seri terbatas dan supermahal, seperti R5ca atau Rca. Pada 2013 misalnya, Rca sudah lebih mahal dari frame-frame terbaru sekarang.
Bentuk R5 terbaru ini (2021), sebenarnya tidak berubah banyak dari Rca pertama dulu. Cervelo menjaga geometrinya tidak terlalu beda. Namun diberi sentuhan-sentuhan untuk menyesuaikan pasar sekarang. Misalnya, seringan mungkin untuk mengkompensasi tambahan beban disc brake. Lalu, mampu mengakomodasi ban lebih besar, karena tuntutan pasar (khususnya Amerika) yang suka membawa sepeda ke jalanan-jalanan lebih offroad.

Cervelo mengklaim R5 baru ini bisa untuk ban hingga 34 mm.
Mengenai kokpit, tentu R5 baru ini mengikuti tren terbaru. Mencoba menyembunyikan segala kabel di kokpit. Kabelnya tidak benar-benar sembunyi, melainkan "hanya" ditenggelamkan di bawah/belakang handlebar. Kemudian masuk ke dalam stem turun ke frame.

Versi full bike yang dijual menggunakan kombinasi kokpit dari Cervelo sendiri. Tapi pasukan Jumbo-Visma terlihat menggunakan kombinasi kokpit dari FSA, menggunakan sistem ACR (aerodynamic cable routing).
Secara keseluruhan, Cervelo menyebut frame baru R5 sekitar 130 gram lebih ringan dari yang lama. Di kisaran 700-an gram. Mengenai tingkat kekakuan, Cervelo punya pengakuan unik. Secara lateral (side to side) dijaga sekaku yang lama. Namun secara longitudinal (memanjang ke depan), dibuat berkurang tingkat kekakuannya. 

Scott Roy, manager engineering Cervelo, ini adalah hasil masukan dari para pembalap Jumbo-Visma. Mereka, khususnya Tom Dumoulin, menganggap R5 lama terlalu kaku dan kurang nyaman. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 57

Foto: Cervelo, Cor Vos


COMMENTS