Kalahkan Vos, Balsamo Jadi Juara Dunia

Elisa Balsamo menjadi juara baru di nomor women elite road race. Pembalap asal Italia tersebut mengalahkan mantan juara dunia, Marianne Vos dalam adu sprint di Leuven, Sabtu (25/9). Kemenangan Balsamo sekaligus menegaskan dominasi Italia di UCI Road World Championships 2021.

Lomba women elite road race dimulai dari Antwerp menuju Leuven. Total jaraknya 157,7 kilometer. Pembalap harus mengitari Kota Leuven hingga empat kali serta sekali putaran di Flandrien. Tim Belanda datang sebagai unggulan di cabang ini.

Tim oranye datang bersama nama-nama top. Mereka diperkuat mantan juara dunia, seperti Annemiek van Vleuten, Anna van der Breggen dan Vos. Selain itu, Belanda juga diperkuat Ellen Van Dijk yang merebut gelar juara dunia time trial 2021.
Sementara Elisa Balsamo sebenarnya bukan tumpuan utama Italia di nomor ini. Tim Azzurri memiliki Elisa Longo Borghini, sang juara nasional road race 2021. Balsamo merebut juara dunia setelah memenangi sprint melawan Vos di kilometer terakhir.

"Saya benar-benar tidak bisa berkata-kata. Sulit dipercaya. Ini adalah mimpi saya setelah musim yang panjang ini. Tim saya sangat-sangat bagus. Tanpa mereka, rasanya tidak mungkin," ungkap Balsamo setelah finis.
Pembalap 23 tahun itu tercatat sebagai juara dunia road junior pada 2016 silam. Selain itu, dia merebut juara Eropa U-23 pada 2020 lalu. Sedangkan pada tahun ini, Balsamo menjadi pemenang balapan GP Oetingen pada medio Maret lalu.

"Bagi saya, ini bukan musim yang mudah. Saya banyak berlatih untuk nomor trek. Namun hasil di Olimpiade tidak berjalan seperti yang saya harapkan. Ketika kembali dari Tokyo, saya berlatih sangat keras hanya untuk tujuan besar ini. Ini adalah balas dendam saya untuk musim ini, jadi saya sangat senang," kata pembalap yang musim depan akan bergabung dengan Trek-Segafredo Women tersebut.

Sementara itu, kemenangan Balsamo mempertegas dominasi Italia di UCI Road World Championships 2021. Skuad Italia telah memenangi tiga nomor. Selain women elite road race, mereka merebut men elite individual time trial dan men U-23 road race. (mainsepeda)

Hasil Women Elite Road Race (Top Ten)
1. Elisa Balsamo (Italia) 3 jam 52 menit 27 detik
2. Marianne Vos (Belanda) +0
3. Katarzyna Niewiadoma (Polandia) +1
4. Kata Blanka Vas (Hungaria) +1
5. Arlenis Sierra Canadilla (Kuba) +1
6. Alison Jackson (Kanada) +1
7. Demi Vollering (Belanda) +1
8. Cecilie Ludwig (Denmark) +1
9. Lisa Brennauer (Jerman) +1
10. Coryn Rivera (Amerika Serikat) +1

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 57

Foto: Getty Images, Bettini


COMMENTS