Lanjutkan Dominasi Belanda, Van Dijk Juara Dunia ITT

Belanda masih berkuasa di nomor women elite individual time trial (ITT). Setelah mengantarkan Anna van der Breggen sebagai juara dunia 2020, kini giliran Ellen van Dijk yang merebut jersey pelangi. Van Dijk tercepat di UCI Road World Championships 2021, Senin (20/9).

Tim Belanda seharusnya bisa diperkuat empat pembalap dalam balapan ITT di Flanders, Belgia. Akan tetapi, Van der Breggen yang sejatinya otomatis lolos, memutuskan mengundurkan diri seminggu sebelum event ini berlangsung.

"Tidak turun di nomor ITT di Flanders adalah keputusan yang saya buat sejak lama. Balapan ini membutuhkan fokus dan motivasi 10 persen. Hal itu tidak saya miliki saat ini. Sebab saya benar-benar bahagia dengan hasil tahun lalu. Serta saya memiliki tujuan berbeda saat ini," kata rider cantik 31 tahun itu.

Hanya saja, Belanda tidak bisa mengajukan pengganti untuk Van der Breggen. Alhasil mereka turun dengan tiga nama, yakni Ellen van Dijk, Riejanne Markus, dan mantan juara dunia Annemiek van Vleuten.
Ketiadaan Van der Breggen tidak membuat Belanda keropos. Sebaliknya, ketiga pembalapnya itu berhasil finis di sepuluh besar. Van Dijk mencapai hasil terbaik. Pembalap 34 tahun ini berhasil merebut jersey pelangi di UCI Road World Championships 2021.

Member Trek-Segafredo Women itu tampil sempurna di trek sepanjang 30,3 kilometer. Yang membentang dari Knokke-Heist ke Bruges. Van Dijk membukukan waktu tercepat: 36 menit 5 detik. Dia unggul sepuluh detik dari Marlen Reusser asal Swiss.

Tempat ketiga dihuni Van Vleuten dengan selisih 24 detik. Sementara Markus finis kesepuluh dengan gap dua menit. "Sudah lama menjadi mimpi untuk mendapatkan gelar juara dunia lagi," kata Van Dijk selepas lomba. Dia pernah menjadi juara dunia ITT pada 2013 silam.

"Tahun ini semuanya terasa sangat baik. Tetapi selalu ada Marlen Reusser yang begitu kuat tahun ini. Saya tahu bahwa saya memiliki level yang sangat bagus, tetapi saya juga tahu jika Marlen super duper kuat," aku Van Dijk.
Reusser baru saja mengalahkan Van Dijk di Kejuaraan Eropa di Trento, Italia, awal September lalu. Pembalap 30 tahun ini juga merebut medali perak di lomba ITT di Olimpiade Tokyo. Tak mengherankan jika Van Dijk begitu termotivasi untuk menumbangkan pembalap tim SD Worx ini.

"Dalam beberapa minggu terakhir, dia mengalahkan saya di setiap balapan time trial. Jadi saya tahu itu akan menjadi sangat sulit. Jika ingin menang, saya harus menampilkan yang terbaik," tegas Van Dijk. (mainsepeda)

Hasil Women Elite Individual Time Trial (Top Ten)
1. Ellen van Dijk (Belanda) 36 menit 5 detik
2. Marlen Reusser (Swiss) +10
3. Annemiek van Vleuten (Belanda) +24
4. Amber Leone Neben (Amerika Serikat) +1:24
5. Lisa Brennauer (Jerman) +1:30
6. Juliette Labous (Prancis) +1:47
7. Lisa Klein (Jerman) +1:52
8. Joscelin Lowden (Inggris) +2:00
9. Riejanne Markus (Belanda) +2:00

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 56

Foto: Getty Images, Bettini


COMMENTS