Lopez Ngambek, Roglic di Ambang Hat-trick Juara

Drama terjadi di Etape 20 La Vuelta a Espana 2020, Sabtu (4/9). Peringkat tiga di General Classification (GC) seusai Etape 19, Miguel Angel Lopez (Movistar) memutuskan angkat kaki dari lomba. Bukan karena kecelakaan atau cedera. Pembalap asal Kolombia ini dilapokan ngambek ke timnya.

Superman Lopez, sapaan akrabnya, adalah salah satu leader tim Movistar di Vuelta a Espana 2021. Bersama Enric Mas dan Alejandro Valverde, Superman Lopez diharapkan menggagalkan hat-trick juara Roglic di balapan terbesar di Spanyol tersebut.

Ketika Valverde berhenti di Etape 7 karena cedera, Superman Lopez dan Mas menempel Roglic di GC. Hingga berakhirnya Etape 19, Jumat (3/9) kemarin, ia berada di peringkat ketiga dan Mas di posisi kedua. Keduanya terpaut kurang dari tiga menit di belakang Roglic.
Dengan sisa dua etape, tim Movistar seharusnya bisa menempatkan kedua pembalapnya itu finis tiga besar di klasemen overall. Sayang ambisi ini gagal tercapai menyusul drama yang terjadi di Etape 20. Superman Lopez mundur dari Vuelta a Espana 2021.

Etape 20 ini berlangsung di rute sepanjang 202,2 kilometer. Peloton melaju dari Sanxenxo menuju Mos. Castro de Herville. Superman Lopez, berada di grup keempat bersama Egan Bernal (Ineos Grenadiers) dan Sepp Kuss (Jumbo-Visma).
Mereka terpaut lebih dari empat menit dari grup ketiga yang berisi sejumlah pembalap favorit di GC. Seperti Roglic, Mas, Adam Yates (Ineos Grenadiers), dan Jack Haig (Bahrain Victorious). Semuanya tampak normal hingga drama itu terjadi di 20 kilometer tersisa.

Superman Lopez tiba-tiba berhenti dan menepi. Pembalap 27 tahun ini lantas masuk ke mobil tim. Media asal Kolombia, El Tiempo mengungkapkan, ia memutuskan angkat kaki karena Movistar memintanya untuk berhenti mengejar kelompok Enric Mas dan Roglic.

"Itulah yang ia katakan kepada istrinya. Para direktur memarahinya karena ia berusaha sampai ke kelompok depan. Ia berhenti dengan marah dan tidak setuju dengan keputusan direktur," ungkap orang dekat Superman Lopez kepada El Tiempo.

Kepala kinerja tim Movistar Patxi Vila dan pembalap Movistar telah mencoba membujuknya untuk melanjutkan balapan. Namun eks pembalap Astana itu menolak melaju lagi. Hingga berita ini ditulis, belum ada keterangan resmi dari Movistar tentang keputusan mundur Superman Lopez.
Sementara itu, Clément Champoussin (AG2R Citroën) menjadi pemenang Etape 20. Pembalap asal Prancis ini mencatatkan waktu 5 jam 21 menit 50 detik. Roglic di posisi kedua dengan gap enam detik. Sedangkan Yates di peringkat ketiga dengan selisih delapan detik.

Hasil Etape 20 membuat Roglic diambang hat-trick juara La Vuelta a Espana. Etape pemungkas menghadirkan balapan time trial sejauh 33,9 kilometer. Start dari Padrón menuju Santiago de Compostela. (mainsepeda)

Hasil Etape 20 La Vuelta a Espana 2021 (Top Ten)
1. Clément Champoussin (Prancis), AG2R Citroën 5 jam 21 menit 50 detik
2. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +6
3. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +8
4. Enric Mas (Spanyol), Movistar +8
5. Jack Haig (Australia), Bahrain Victorious +12
6. Christopher Hamilton (Australia), Team DSM +16
7. Mikel Bizkarra (Spanyol), Euskaltel-Euskadi +23
8. Ryan Gibbons (Afrika Selatan), UAE Team Emirates +26
9. Gino Mäder (Swiss), Bahrain Victorious +26
10. Floris De Tier (Belgia), Alpecin-Fenix +50

General Classification usai 20 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 83 jam 11 menit 27 detik
2. Enric Mas (Spanyol), Movistar +2:38
3. Jack Haig (Australia), Bahrain Victorious +4:48
4. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +5:48
5. Gino Mäder (Swiss), Bahrain Victorious +8:14
6. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +11:38
7. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +13:42
8. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +16:11
9. David de la Cruz (Spanyol), UAE Team Emirates +16:19
10. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +20:30

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 54

Foto:


COMMENTS