Cort Hat-trick Menang, Roglic Tetap Merah

Magnus Cort (EF Education-Nippo) menyelesaikan Etape 19 La Vuelta a Espana 2021 dengan kemenangan. Ini adalah victory ketiga bagi pembalap asal Denmark tersebut. Sementara Primoz Roglic (Jumbo-Visma) makin dekat dengan gelar ketiganya di ajang ini. Ia masih bertengger di puncak General Classification (GC).

Setelah Hugh Carthy gagal finis di Etape 7, Cort menjadi andalan tim EF untuk meraih kemenangan di Vuelta a Espana. Namun Cort tidak bersaing di GC seperti Carthy. Sprinter 28 tahun tersebut menyasar kemenangan etape di balapan paling akbar di Spanyol ini.
Cort telah dua kali naik podium di Etape 6 dan 12. Cort melengkapinya menjadi tiga kemenangan setelah finis pertama di Etape 19, Jumat (3/9). "Luar biasa. Ini seperti mimpi. Saya berharap tidak bangun dari mimpi itu," katanya seusai balapan.

Etape 19 menyuguhkan medan sepanjang 191,2 kilometer. Membentang dari Tapia menuju Monforte de Lemos. Cort menyelesaikan panggung ini dengan catatan waktu 4 jam 24 menit 54 detik. Ia mengalahkan Rui Oliveira (UAE Team Emirates) dan Quinn Simmons (Trek-Segafredo) dalam adu sprint di 100 meter terakhir.

"Saya harus berterima kasih kepada rekan setim saya, Lawson Craddock atas pekerjaan yang luar biasa. Saya tidak bisa meraih kemenangan ini tanpanya," bilang Cort.
Mengoleksi tiga kemenangan pada musim ini menjadi pencapaian terbaik Cort di Vuelta a Espana. Sebelumnya, Cort meraih dua kemenangan Vuelta pada musim 2016. Lalu mencatat satu kemenangan dalam ajang ini pada musim lalu.

Dari tiga kemenangan musim ini, podium di Etape 6 dirasa paling spektakuler. Sebab ia berhasil finis di puncak Alto de la Montaña de Cullera. Itu adalah tanjakan Kategori 3 sepanjang 1,9 kilometer dengan gradien 8,7 persen.

"Saya akan menyebutnya gunung. Sebab saya berasal dari Denmark dan kami tidak memiliki bukit sebesar itu. Itu hampir seperti gunung kecil bagi saya. Itu adalah kemenangan yang sangat istimewa. Kini saya punya tiga kemenangan etape pada musim yang sama. Itu luar biasa," katanya bangga.
Sementara itu, finis ke-30 di Etape 19 memastikan Roglic tetap di puncak GC. Pembalap asal Slovenia ini kini berjarak dua lomba dengan gelar ketiganya di Vuelta a Espana.

Ajang ini akan memasuki Etape 20, Sabtu (4/9). Pembalap melaju dari Sanxenxo ke Mos. Castro de Herville. Panjang rutenya 202,2 kilometer. Terdapat lima tanjakan yang harus dilalui. Termasuk tanjakan sepanjang 9,7 kilometer dengan gradien 4,9 persen di Castro de Herville. (mainsepeda)

Hasil Etape 19 La Vuelta a Espana 2021 (Top Ten)
1. Magnus Cort (Denmark), EF Education-Nippo 4 jam 24 menit 54 detik
2. Rui Oliveira (Portugal), UAE Team Emirates +0
3. Quinn Simmons (Amerika Serikat), Trek-Segafredo +0
4. Andrea Bagioli (Italia), Deceuninck-QuickStep +0
5. Anthony Roux (Prancis), Groupama-FDJ +0
6. Andreas Kron (Denmark), Lotto Soudal +0
7. Lawson Craddock (Amerika Serikat) EF Education-Nippo +5
8. Alberto Dainese (Italia), Team DSM +18
9. Matteo Trentin (Italia), UAE Team Emirates +18
10. Alexander Krieger (Jerman), Alpecin-Fenix +18

General Classification usai 19 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 77 jam 49 menit 37 detik
2. Enric Mas (Spanyol), Movistar +2:30
3. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Movistar Team +2:53
4. Jack Haig (Australia), Bahrain Victorious +4:36
5. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +4:43
6. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +5:44
7. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +6:02
8. Gino Mäder (Swiss), Bahrain Victorious +7:48
9. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +8:31
10. David de la Cruz (Spanyol), UAE Team Emirates +9:24

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 54

Foto: Getty Images, Bettini Photo


COMMENTS