Roglic Crash, Cort Menang, Eiking Masih Merah

Magnus Cort Nielsen (EF Education–Nippo) membayar lunas kegagalannya di Etape 11, Rabu (25/8) kemarin. Pembalap asal Denmark itu memenangi Etape 12 La Vuelta a Espana, Kamis (26/8). Ia menjadi yang tercepat di Cordoba.

Tahapan ini start dari Jaen menuju Cordoba. Jaraknya 175 kilometer. Ada dua menu pendakian yang harus dilahap para pembalap. Yaitu tanjakan Kategori 3 di Alto de San Jerónimo dan Kategori 2 di Alto del 14%.
Balapan dibuka dengan tiga percobaan breakaway berturut-turut. Akan tetapi, upaya ini berhasil digagalkan peloton. Kemudian delapan pembalap mencoba lagi di sisa 80 kilometer. Upaya breakaway kali ini berhasil. Tak lama kemudian, satu di antaranya melorot dan kembali ke peloton.

Dominasi mereka tak berlangsung lama. Satu per satu berhasil ditangkap kelompok pengejar hingga tak tersisa di 20 kilometer menuju finis. Kemudian Jay Vine (Alpecin-Fenix) dan Giulio Ciccone (Trek - Segafredo), Sergio Henao (Team Qhubeka NextHash) dan Romain Bardet (Team DSM) menyerang bersamaan.

Mereka sempat memimpin hingga kilometer terakhir. Kemudian satu per satu berhasil tertangkap. Vine menjadi yang terakhir. Ia berhasil ditaklukkan di 800 meter pemungkas. Kemudian tim-tim menata kereta cepatnya. Adalah Jens Keukeleire (EF Education-Nippo) yang membuka jalan Cort untuk memenangkan etape ini.

Magnus Cort mengoleksi dua kemenangan di La Vuelta a Espana 2021

Keukeleire membawa Cort berduel dengan Andrea Bagioli (Deceuninck-QuickStep). Cort menang dengan selisih yang sangat tipis atas pembalap Italia itu. Cort menang dengan catatan waktu 3 jam 44 menit 21 detik. Ini adalah kemenangan keduanya setelah Etape 6 lalu.

"Jens melakukan pekerjaan yang sangat luar biasa dengan mengantarkan saya dengan sempurna untuk sprint. Ada beberapa pembalap yang sangat baik di sprint. Tetapi kami ingin mencobanya dan saya sangat senang bisa meraih kemenangan ini," aku pembalap 28 tahun itu.

Sementara itu, Primoz Roglic (Jumbo-Visma) kembali terlibat kecelakaan. Ia terjatuh di sisi kanan jalan di 55 kilometer menjelang finis. Roglic tak sendirian. Ada tujuh nama lainnya yang terlibat di insiden itu. Termasuk salah satu trisula tim Ineos Grenadiers, Adam Yates.

Christian Eiking belum tergoyahkan di puncak General Classification

Beruntung Roglic tidak mengalami cedera serius atas insiden ini. Ia bisa meneruskan balapan dan finis ke-12 di tahapan ini. Hasil itu menjaga Roglic tetap di peringkat ketiga di General Classification (GC). Terpaut hampir dua menit dari pemilik jersey merah, Christian Eiking (Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux).

"Primoz baik-baik saja. Tidak banyak yang bisa kami lakukan di etape ini. Kami jatuh bersama orang-orang dari Ineos Grenadiers. Untungnya kami berhasil lolos dan kami dapat melanjutkan perjalanan kami di Vuelta ini," ungkap Directeur Sportif Jumbo-Visma, Grischa Niermann. (mainsepeda)

Hasil Etape 12 La Vuelta a Espana 2021 (Top Ten)
1. Magnus Cort (Denmark), EF Education-Nippo 3 jam 44 menit 21 detik
2. Andrea Bagioli (Italia), Deceuninck-QuickStep +0
3. Michael Matthews (Australia), Team BikeExchange +0
4. Matteo Trentin (Italia), UAE Team Emirates +0
5. Andreas Kron (Denmark), Lotto Soudal +0
6. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +0
7. Antonio Jesus Soto (Spanyol), Euskaltel-Euskadi +0
8. Anthony Roux (Prancis), Groupama-FDJ +0
9. Gianluca Brambilla (Italia), Trek-Segafredo +0
10. Martijn Tusveld (Belanda), Team DSM +0

General Classification usai 12 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Christian Eiking (Norwegia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux 45 jam 33 menit 18 detik
2. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +58
3. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +1:56
4. Enric Mas (Spanyol), Movistar +2:31
5. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Movistar Team +3:28
6. Jack Haig (Australia), Bahrain Victorious +3:55
7. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +4:46
8. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +4:57
9. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +5:03
10. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +5:38

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 53

Foto: Getty Images


COMMENTS