Roglic Terjatuh, Storer Menang lagi

Primoz Roglic (Jumbo-Visma) crash. Sang superstar celaka di Etape 10 La Vuelta a Espana 2021, Selasa (24/8). Membuat pembalap Slovenia ini juga lengser dari puncak General Classification (GC). Sementara itu, etape ini dimenangkan Michael Storer (Team DSM).

Etape 10 merupakan tahapan pembuka di pekan kedua Vuelta a Espana musim ini. Menyuguhkan rute sejauh 189 kilometer dari Roquetas de Mar menuju Rincón de la Victoria. Mayoritas medannya adalah datar. Hanya ada satu tanjakan Kategori 2 di Puerto de Almáchar.
Peloton baru pecah sekitar 80 kilometer setelah start. Terdapat 31 pembalap yang memisahkan diri dari grup besar. Mereka sangat kencang dan nyaris tak terkejar. Ketika lomba tersisa 50 kilometer, kelompok breakaway ini unggul 10 menit dari peloton utama.

Lalu empat pembalap dari grup terdepan mencoba melarikan diri di sisa 37 kilometer. Matteo Trentin (UAE-Team Emirates) dan Alex Aranburu (Astana-Premier Tech) termasuk di dalamnya. Namun keempatnya nama itu tertangkap setelah 17 kilometer memimpin.

Kelompok breakaway makin meningkatkan laju di 20 kilometer menjelanhg finis. Mereka meninggalkan peloton dengan gap lebih dari 13 menit. Storer menjadi pembalap pertama yang mencapai puncak Puerto de Almáchar. Lalu menyerang di sisa tiga kilometer. Upayanya berhasil. Storer finis pertama di tahapan ini.
Storer menyelesaikan etape ini dengan catatan waktu 4 jam 9 menit 21 detik. Sementara Mauri Vansevenant (Deceuninck-QuickStep) dan Clément Champoussin (AG2R Citroën Team) finis kedua dan ketiga dengan selisih 22 detik.

Ini adalah kemenangan kedua untuknya. Sebelumnya, pembalap asal Australia tersebut finis pertama di Etape 7. "Saya memimpikan satu kemenangan etape di La Vuelta ini. Sekarang saya memiliki dua kemenangan etape dalam sepuluh hari. Benar-benar luar biasa," ungkapnya.

Sementara itu, Roglic coba menekan gap dengan tancap gas di 14 kilometer tersisa. Sayang nasib malang tak dapat dihindari. Ia terjatuh di sebuah tikungan di 2,4 kilometer menjelang finis. Beruntung ia tidak mengalami luka serius. Roglic finis di peringkat ke-37. Tertinggal hampir 12 menit dari Storer.
Hasil Etape 10 membuat Roglic kehilangan jersey merah lagi. Pembalap Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux, Christian Eiking menduduki puncak GC setelah finis kelima. Roglic melorot ke posisi ketiga dengan selisih lebih dari dua menit.

“Saya akan merasa lebih baik jika saya tidak jatuh. Tetapi saya baik-baik saja. Ini adalah kompetisi; tanpa mengambil risiko, Anda tidak menang. Saya jatuh karena saya terlalu cepat di turunan dan jalannya licin," aku Roglic dalam laman resmi Jumbo-Visma. (mainsepeda)

Hasil Etape 10 La Vuelta a Espana 2021 (Top Ten)
1. Michael Storer (Australia), Team DSM 4 jam 9 menit 21 detik
2. Mauri Vansevenant (Belgia), Deceuninck-QuickStep +22
3. Clément Champoussin (Prancis), AG2R Citroën +22
4. Dylan van Baarle (Belanda), Ineos Grenadiers +22
5. Christian Eiking (Norwegia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +22
6. Jhonatan Narvaez (Ekuador), Ineos Grenadiers +51
7. Nicholas Schultz (Australia), Team BikeExchange +51
8. Geoffrey Bouchard (Prancis), AG2R Citroën +51
9. Lilian Calmejane (Prancis), AG2R Citroën +51
10. Kenny Elissonde (Prancis), Trek-Segafredo +51

General Classification usai 10 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Christian Eiking (Norwegia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux 38 jam 37 menit 46 detik
2. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +58
3. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +2:17
4. Enric Mas (Spanyol), Movistar +2:45
5. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Movistar Team +3:38
6. Jack Haig (Australia), Bahrain Victorious +3:59
7. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +4:46
8. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +4:57
9. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +5:01
10. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +5:42

Foto: Getty Images


COMMENTS