Buah Penantian Sebelas Musim Damiano Caruso

Veteran Italia, Damiano Caruso (Bahrain Victorious) menutup pekan pertama La Vuelta a Espana 2021 dengan kemenangan. Caruso finis pertama di Etape 9 di Alto de Velefique, Minggu (22/8). Mengungguli Primoz Roglic (Jumbo-Visma) dan Enric Mas (Movistar).

Tahun ini merupakan kali keempatnya mengikuti Vuelta a Espana. Caruso pernah menduduki posisi kesembilan di General Classification (GC) pada musim 2014 lalu. Sejak debut pada 2011, Caruso tidak pernah mendapat kemenangan etape di event balap sepeda terbesar di Spanyol tersebut.

Penantian sebelas musim itu akhirnya tuntas. Carusso finis pertam adi Etape 9. Inilah tahapan paling sulit di pekan pertama Vuelta a Espana 2021. Panggung ini digelar di rute sepanjang 188 kilometer. Membentang dari Puerto Lumbreras menuju Alto de Velefique.
Terdapat empat tanjakan yang harus ditaklukkan. Satu di antaranya adalah Alto de Velefique, tanjakan hors categorie (HC) sepanjang 13,1 kilometer dengan kemiringan rata-rata 7,2 persen. Caruso menuntaskannya dengan catatan waktu 5 jam 3 menit 14 detik. Roglic dan Mas finis kedua dan ketiga.

"Tanjakan terakhir begitu panjang. Saya selalu berusaha untuk tetap fokus pada tempo saya sendiri. Hanya dalam beberapa kilometer terakhir saya menyadari bahwa saya bisa menang hari ini," ungkap Caruspo seusai balapan.

Ia memenangkan etape ini setelah melakukan breakaway di 100 kilometer menuju finis bersama sepuluh rider lainnya. Caruso meninggalkan grupnya itu di sekitar 30 kilometer berikutnya. Ia menjadi yang pertama yang tiba di puncak Alto Collado Venta Luisa dan Alto de Castro de Filabres.

Caruso masih terdepan saat seluruh pembalap breakaway tertangkap. Roglic dan Mas kemudian meningkatkan kecepatannya di sisa delapan kilometer. Hanya saja kedua nama ini tidak dapat menangkap runner-up Giro d'Italia 2021 itu. Keduanya terpaut lebih dari satu menit di belakang Caruso.

"Saya tidak menyangka gapnya akan semakin besar kilometer demi kilometer. Masih sulit dipercaya apa yang saya lakukan. Itu adalah perasaan yang luar biasa dan pengulangan perasaan ini setelah Giro luar biasa bagi saya," bilangnya.
Sementara itu, Roglic menutup pekan pertama sebagai pemuncak GC. Mas dan rekannya di Movistar, Miguel Angel Lopez membuntuti di peringkat kedua dan ketiga. Vuelta a Espana akan memasuki rest day pertama Senin (23/8).

"Aku tak sabar untuk itu. Setelah itu, ada beberapa tahapan yang indah di program di mana beberapa hard riding bisa diharapkan," terang Roglic. (mainsepeda)

Hasil Etape 9 La Vuelta a Espana 2021 (Top Ten)
1. Damiano Caruso (Italia), Bahrain Victorious 5 jam 3 menit 14 detik
2. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +1:05
3. Enric Mas (Spanyol), Movistar +1:06
4. Jack Haig (Australia), Bahrain Victorious +1:44
5. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Movistar +1:44
6. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +1:44
7. Gino Mäder (Swiss), Bahrain Victorious +2:07
8. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo +2:10
9. Egan Bernal Gomez (Kolombia), Ineos Grenadiers +2:10
10. David de la Cruz (Spanyol), UAE Team Emirates +2:40

General Classification usai 9 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 34 jam 18 menit 53 detik
2. Enric Mas (Spanyol), Movistar +28
3. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Movistar Team +1:21
4. Jack Haig (Australia), Bahrain Victorious +1:42
5. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +1:52
6. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +2:07
7. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo +2:39
8. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +2:40
9. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +3:25
10. David de la Cruz (Spanyol), UAE Team Emirates +3:55

Foto: Getty Images, Bettini


COMMENTS