Magnus Cort Menang, Primoz Roglic Merah lagi

Pembalap asal Denmark, Magnus Cort Nielsen (EF Education–Nippo) memenangi Etape 6 La Vuelta a Espana 2021, Kamis (19/8). Sedangkan Primoz Roglic (Jumbo-Visma) kembali ke puncak General Classification (GC) seusai finis kedua di tahapan ini.

Cort datang ke Spanyol sebagai salah satu tumpuan tim EF Education–Nippo untuk mendapatkan kemenangan panggung di Vuelta a Espana 2021. Sebelumnya, mantan pembalap Astana tersebut mengoleksi tiga kemenangan etape di ajang ini.

Dua di antaranya dibukukan pada musim 2016. Sedangkan satu kemenangan lainnya dikemas tahun lalu. Cort memperoleh kemenangan terakhirnya dengan mengalahkan Roglic dan Dion Smith (Mitchelton-Scott) di Ciudad Rodrigo di Etape 16 Vuelta a Espana 2020.
Rider 28 tahun itu mengulang cerita yang sama pada musim ini. Ia mengungguli Roglic untuk memenangi Etape 6 di Alto de la Montaña de Cullera.

"Kemenangan ini spesial. Sebab saya melakukannya dengan cara yang sangat berbeda. Saya selalu menang dalam sprint. Jadi senang rasanya bisa menunjukkan bahwa saya juga dapat melakukannya di medan lain," bilang Cort seusai lomba.

Etape 6 ini menempuh rute sejauh 158,3 kilometer dari Requena menuju Alto de la Montaña de Cullera. Garis finisnya berada di puncak tanjakan Kategori 3 sepanjang 1,9 kilometer dengan gradien rata-rata 8,7 persen.

Cort bersama empat pembalap lainnya melakukan breakaway di sisa 108 kilometer. Kelimanya terus bersama hingga nanjak di Alto de la Montaña de Cullera. Saat satu per satu kelompoknya berhasil tertangkap grup favorit, Cort tetap konsisten di baris terdepan.
Ia berhasil menjaga posisinya hingga finis pertama di tahapan ini. Cort membukukan catatan waktu 3 jam 30 menit 53 detik. Roglic finis kedua. Posisi ketiga ditempati pembalap Italia, Andrea Bagioli (Deceuninck-QuickStep) dengan selisih dua detik.

"Saya melihat ke belakang di sisa 150 meter menuju finis. Saya bisa melihatnya datang. Saya melaju dengan semua sisa tenaga yang saya miliki. Untungnya saya bisa menahannya," ucapnya bangga.
Hasil Etape 6 cukup untuk mengantarkan Roglic ke puncak GC. Sang juara bertahan akhirnya mengenakan jersey merah lagi setelah lepas dari genggaman di tiga etape sebelumnya. Roglic ditempel trisula tim Movistar, yakni Enric Mas, Alejandro Valverde, dan Miguel Angel Lopez.

"Saya sama sekali tidak kecewa meski tidak kuat. Magnus hanya lebih kuat. Iia memiliki kaki yang sangat bagus. Ia pantas menang," aku Roglic. (mainsepeda)

Hasil Etape 6 La Vuelta a Espana 2021 (Top Ten)
1. Magnus Cort (Denmark), EF Education-Nippo 3 jam 30 menit 53 detik
2. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +0
3. Andrea Bagioli (Italia), Deceuninck-QuickStep +2
4. Aleksandr Vlasov (Rusia), Astana-Premier Tech +4
5. Enric Mas (Spanyol), Movistar Team +4
6. Michael Matthews (Australia), Team BikeExchange +6
7. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +8
8. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +8
9. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Movistar +9
10. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +16

General Classification usai 6 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 21 jam 4 menit 49 detik
2. Enric Mas (Spanyol), Movistar +25
3. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Movistar Team +36
4. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +41
5. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +41
6. Aleksandr Vlasov (Rusia), Astana-Premier Tech +53
7. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo +58
8. Lilian Calmejane (Prancis), AG2R Citroën +1:04
9. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +1:12
10. Fabio Aru (Italia), Qhubeka NextHash +1:17

Foto: AFP, Getty Images


COMMENTS