Libas Trek 4 Kilometer Kurang dari 4 Menit

Pembalap asal Amerika Serikat, Ashton Lambie baru saja memecahkan rekor di nomor individual pursuit. Ia melibas trek sejauh 4 kilometer dengan catatan waktu 3 menit 59.930 detik. Lambie melampaui rekor milik pembalap tim Ineos Grenadiers, Filippo Ganna.

Lambie mengumumkan upaya untuk memecahkan rekor ini pada bulan lalu. Catatan waktu terbaiknya adalah 4 menit 3.640 detik di Berlin track. Targetnya adalah melampaui rekor milik Ganna. Pembalap asal Italia itu membukukan catatan waktu 4 menit 1.934 detik.

Rider 30 tahun ini melaju di Aguascalientes Velodrome di Meksiko, Rabu (18/8) waktu setempat. Lintasan ini berada di ketinggian 1.800 meter. Dikenal sebagai lintasan tercepat di dunia. Upaya Lambie berhasil. Ia mencatatkan waktu 3 menit 59.930 detik. Lambie mengendarai sepeda dengan gear 64×15 dalam upaya memecahkan rekor ini.

Hingga berita ini ditulis, waktu resminya belum dikonfirmasi oleh official UCI setempat. Namun jika catatan waktunya itu akhirnya disahkan, Lambie adalah orang pertama yang menyelesaikan individual pursuit sejauh 4 kilometer di bawah empat menit.

Laman Cyclingtips lalu mengulas tentang sepeda canggih yang ditunggangi Lambie dalam upayanya menjadi yang tercepat di nomor individual pursuit 4 kilometer. Ia menggunakan frameset Argon 18 Electron Pro TKO Pursuit. Harganya sekutar GBP 7.999.

Sepeda ini dilengkapi dengan roda Zipp Super 9 disc dan ban Vittoria Pista Oro. Lalu crank Wattshop Cratus Aero, chain KMC X101, pedal Look Keo Blade Carbon Ceramic, dan sadel ISM PN 1.1. Untuk bagian kokpit, sepeda ini memakai Wattshop Anemoi Olympic Edition Pentaxia yang dibanderol GBP 8.500. (mainsepeda)

Foto: Kit Karzen


COMMENTS