Philipsen Menang lagi, Taaramae Turun Tahta

Jasper Philipsen (Alpecin-Fenix) dan Fabio Jakobsen (Deceuninck-QuickStep) bersaing ketat dalam perebutan jersey hijau di La Vuelta a Espana 2021. Setelah kecolongan di Etape 4, Philipsen bangkit dan sukses merebut kemenangan di Etape 5, Rabu (18/8).

Philipsen merupakan salah satu pesaing Mark Cavendish dalam perebutan green jersey Tour de France 2021. Tetapi ia kalah dari sprinter veteran asal Inggris itu. Ia hanya menduduki peringkat ketiga di klasemen akhir points classification.
Pembalap asal Belgia ini mencoba peruntungannya di Spanyol. Kali ini ia berhadapan dengan kolega Cavendish di tim Deceuninck-QuickStep, Fabio Jakobsen. Persaingannya cukup ketat. Philipsen mengalahkan Jakobsen di Etape 2. Jakobsen kemudian membalasnya di Etape 4.

Keduanya beradu sprint lagi di Etape 5. Tahapan ini menyuguhkan rute sepanjang 184,4 kilometer. Terbentang dari Tarancón menuju Albacete. Medannya benar-benar flat. Tanpa satu pun pendakian. Kali ini Philipsen menang lagi.
Pembalap 23 tahun tersebut membereskan panggung ini dengan catatan waktu 4 jam 24 menit 41 detik. Jakobsen finis kedua dan Alberto Dainese (Team DSM) berada di peringkat ketiga.

"Kemarin saya sedikit kecewa karena tidak bisa melakukan sprint seperti yang saya inginkan. Tetapi hari ini saya berhasil memenangkannya. Tim ini, meski saya baru gabung, tetapi mereka bekerja luar biasa. Saya pikir itu sangat indah untuk menyelesaikannya bersama-sama," bilang Philipsen.
Kemenangan di Etape 5 membuatnya mengkudeta Jakobsen dari puncak points classification. Ia mengantongi 131 poin. Unggul satu angka dari pembalap Belanda itu. Philipsen juga berhak mengenakan jersey hijau kembali.

"Tidak bermaksud untuk memikirkan tentang akhir dari Vuelta, tapi bagus karena saya memakainya lagi. Lalu kita akan melihat seberapa jauh kami bisa mempertahankannya," imbuh mantan pembalap UAE Team Emirates itu.
Sementara itu, kecelakaan masif terjadi di Etape 5. Sekitar 35 pembalap mencium aspal di 11 kilometer menuju finis. Salah satunya Rein Taaramae (Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux). Insiden ini membuatnya lengser dari puncak General Classification (GC).

"Sekali lagi, itu adalah kecelakaan yang sial. Namun saya hampir baik-baik saja, bahkan pakaian saya utuh. Dua hari mengenakan jersey merah, itu bagus untuk saya. Saya senang mengalaminya dan tidak begitu sedih kehilangannya," ucap pembalap Estonia ini.
Dengan Taaramae yang keluar dari sepuluh besar, membuat Kenny Elissonde (Trek-Segafredo) naik ke puncak GC. Ia unggul lima detik atas juara bertahan, Primoz Roglic (Jumbo-Visma). Rider asal Prancis itu mengenakan jersey merah saat start di Etape 6 nanti. (mainsepeda)

Hasil Etape 5 La Vuelta a Espana 2021 (Top Ten)
1. Jasper Philipsen (Belgia), Alpecin-Fenix 4 jam 24 menit 41 detik
2. Fabio Jakobsen (Belanda), Deceuninck-QuickStep +0
3. Alberto Dainese (Italia), Team DSM +0
4. Juan Sebastian Molano (Kolombia), UAE Team Emirates +0
5. Piet Allegaert (Belgia), Cofidis +0
6. Jon Aberasturi (Spanyol), Caja Rural-Seguros RGA +0
7. Jordi Meeus (Belgia), Bora-Hansgrohe +0
8. Riccardo Minali (Italia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +0
9. Reinardt Janse Van Rensburg (Afrika Selatan), Qhubeka NextHash +0
10. Arnaud Demare (Prancis), Groupama-FDJ +0

General Classification usai 5 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Kenny Elissonde (Prancis), Trek-Segafredo 17 jam 33 menit 57 detik
2. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +5
3. Lilian Calmejane (Prancis), AG2R Citroën +10
4. Enric Mas (Spanyol), Movistar +20
5. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Movistar Team +26
6. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +32
7. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo +32
8. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +32
9. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +44
10. Gino Mader (Swiss), Bahrain Victorious +45

Foto: Getty Images, Bettini Photo


COMMENTS