Kevin Wacanakan "Mountain to Mountain" Jilid Dua

Kevin Dani Maulana akhirnya berhasil mudik ke Denpasar, Bali. Setelah gowes selama lima hari, Kevin tiba di Denpasar pada 14 Agustus lalu. Kevin memulai perjalanan dari Solo, Jawa Tengah pada 10 Agustus 2021. Ia melakukan project bertajuk Mountain to Mountain. Melintasi tiga gunung, yaitu Lawu, Bromo, dan Ijen.

Kevin mengungkapkan, hal itu merupakan pengalaman yang luar biasa. Ini juga kali pertama untuknya melakukan touring jarak jauh. Rasa penasaran pun terbayar lunas.

"Perjalanannya seru sekali. Melintasi tiga gunung dan melihat pemandangannya sangat mengasyikkan. Pas banget cuaca juga cerah ketika sampai di puncak," kata member KGB Racing ini.

BACA JUGA: Taklukkan Tiga Gunung demi Pulang ke Denpasar

Secara keseluruhan, Kevin mengaku perjalanannya berjalan cukup lancar. Meski ada beberapa hal di luar rencananya. Seperti harus menginap satu hari di Banyuwangi untuk memulihkan fisiknya dulu.

"Sedikit kecewa pas sampai di Ijen. Hujan lebat membuat saya tidak bisa berlama-lama di atas. Karena jarak pandang terbatas, membuat saya harus pelan-pelan saat turun," lanjut Kevin.

Selama di Banyuwangi, Kevin melakukan recovery dengan easy ride keliling kota. Setelah itu ia lanjut menyeberang ke Gilimanuk. Memulai perjalanan sekitar 10.00 WITA, Kevin tiba di rumah sekitar pukul 16.00 WITA.

"Memang setelah hari ketiga, setelah turun dari Ijen, rasanya capek sekali. Ditambah kondisi hujan. Misalnya langsung lanjut, khawatir malah sakit," ujarnya.

Selama perjalanan itu, menurut Kevin, yang tersulit adalah menyesuaikan kondisi dengan barang bawaan yang menempel di sepedanya. Ia membawa beban kurang lebih 15 kilogram.

"Jadi lebih berat ketika nanjak. Tapi menyenangkan karena setiap perjalanan selalu ada yang yang menemani. Meski 30an kilometer. Setelah menyeberang Bali baru gowes sendiri sampai rumah," kata sulung dari dua bersaudara itu.
Keberhasilan itu membuat Kevin ketagihan. Ia memiliki rencana untuk melakukan Mountain to Mountain kedua. Melewati Bromo, Bukit B29, Arjuna, Cangar, dan Cemoro Sewu. Lanjut ke Merapi, Merbabu, Sumbin dan berakhir di Dieng. Tapi Kevin belum bisa memastikan kapan rencana itu bisa dilakukan.

"Masih mengumpulkan niat dulu. Sementara masih latihan di Bali sambil menunggu info balapan selanjutnya. Apalagi PPKM juga diperpanjang," kata rider 21 tahun ini.

Kevin juga memetik banyak pelajaran dari Mountain to Mountain ini. Jika ingin lanjut ke perjalanan kedua, ada beberapa hal yang mesti ia perbaiki. "Evaluasinya lebih soal disiplin waktunya. Berangkat terlalu molor sehingga sampainya terlalu sore. Jadi nggak bisa terlalu lama di atas," akunya. (mainsepeda)

Foto: Dokumentasi Kevin Dani Maulana


COMMENTS