Taklukkan Tiga Gunung demi Pulang ke Denpasar

Kevin Dani Maulana menantang dirinya sendiri dengan bersepeda dari Solo ke Denpasar, Bali. Jarak tempuhnya sekitar 718 kilometer. Tajuknya "Mountain to Mountain". Kevin nanjak di Gunung Lawu, Gunung Bromo, dan Gunung Ijen. Total evelasinya 10.000 meter.

Ide tersebut tercetus dari satu setengah bulan yang lalu. Awalnya, member Kelapa Gading Bikers (KGB) Racing ini berencana pulang ke rumahnya di Denpasar. Kemudian Kevin memiliki gagasan untuk membuat mudiknya ini menjadi sesuatu hal yang seru. Ia putuskan untuk gowes.

"Datang ke Solo buat latihan bareng. Akan tetapi, karena jadwal event diundur, kami jadinya hanya latihan biasa. Lalu terpikir ide untuk pulang sekaligus menjadi tantangan untuk diri sendiri," kata pemuda yang berulang tahun tiap 28 Juni tersebut.

Kevin memang suka tanjakan. Ia tergabung dengan KGB Racing sejak 2019. Dari rute yang dipilih untuk pulang ke Bali, hanya jalur Cemoro Sewu yang sudah dilalui. Kevin akan melibas tanjakan Bromo via Tongas. Lalu ke Ijen lewat Kawah Wurung di Bondowoso.

Setelah menyeberang ke Pulau Bali, Kevin akan melalui jalur selatan untuk sampai ke Denpasar. "Saya gowes gunung ke gunung karena ingin merasakan feel-nya sih. Suka climbing dan view-nya. Suka juga dengan tantangan elevasinya," sebut rider 21 tahun ini.

Mountain to Mountain ditempuh dalam empat hari. Dimulai pada 10 Agustus kemarin. Ia menargetkan mendapatkan elevasi kurang lebih 10.000 meter. Perjalanan ini akan menjadi kali pertama Kevin touring jarak jauh.

"Yang paling berat sepertinya di Bromo. Sebelumnya juga pernah ke Ijen, tapi via Banyuwangi," ungkap Kevin.

Dalam persiapan itu, Kevin memang sering menanjak di rute Merapi dan Merbabu. Dengan begitu, ia tidak akan kaget ketika menghadapi rute yang sejenis nantinya. Kevin berharap perjalanannya pulang ke Denpasar bisa diselesaikan dalam waktu empat hari.

"Misalnya ada kendala, nanti bisa disesuaikan. Tapi semoga saja semuanya berjalan lancar," harap Kevin.

Sebelumnya, member KGB Racinya lainnya, Jefri Irawan berhasil menuntaskan touring bertajuk "Ring of Java". Ia mengitari Pulau Jawa dengan total jarak tempuh 3.000 kilometer. Jefri menyelesaikan hajat ini selama 14 hari. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 52

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Andriyan Hidayat, KGB Racing


COMMENTS