Jakobsen Menang dan Rebut Jersey Hijau

Perjuangan Fabio Jakobsen (Deceuninck-QuickStep) untuk bangkit seusai kecelakaan di Polandia akhirnya berbuah manis. Sprinter asal Belanda tersebut memenangkan Etape 4 La Vuelta a Espana 2021, Selasa (17/8) malam. Ini adalah kemenangan ketiganya di lomba terakbar di Spanyol itu.

Kecelakaan di Tour de Pologne 2020 membuat Jakobsen absen selama delapan bulan dari balap sepeda. Rider 24 tahun ini baru membalap lagi April lalu di Tour of Turkey 2021. Sejak saat itu ia menunjukkan progres yang membuaskan. Jakobsen akhirnya dipilih sebagai sprinter utama Deceuninck-QuickStep.

Jebolan tim Continental, SEG Racing Academy hampir menang di Etape 2, Minggu (15/8) lalu. Tapi upayanya digagalkan Jasper Philipsen (Alpecin-Fenix). Jakobsen tak menyerah. Ia tetap berjuang untuk mendapatkan kemenangan terbesarnya musim ini.

Upaya itu membuahkan hasil. Jakobsen menjadi yang tercepat di Etape 4. Tahapan ini dimulai dari El Burgo de OsmaPeloton melaju sejauh 163,9 kilometer menuju Molina de Aragón. Jakobsen menuntaskannya dengan catatan waktu 3 jam 43 menit 7 detik.

Jakobsen menungguli dua pesaing terdekatnya, yaitu Arnaud Demare (Groupama-FDJ) dan Magnus Cort (EF Education-Nippo). "Ini seperti mimpi! Saya ingin berterima kasih kepada keluarga dan tim. Mereka adalah alasan saya di sini," katanya seusai lomba.

"Ini adalah kemenangan terindah dalam karier saya. Saya tidak bisa cukup berterima kasih kepada semua orang atas apa yang mereka lakukan untuk saya. Ini adalah perjalanan yang panjang sejak tahun lalu. Berada di sini, kembali menjadi juara Grand Tour, membuat saya sangat bahagia," ungkap Jakobsen.

Kemenangan ini membuatnya menggusur Philipsen dari puncak points classification. Jakobsen mengoleksi 100 poin. Unggul 32 angka dari pebalap asal Belgia tersebut. Jakobsen berhak mengenakan jersey hijau saat start di Etape 5, Rabu (18/8).

"Saya merasa hebat. Saya berada di level yang bagus. Saya senang berada di sini bersama tim dan memiliki jersey hijau. Saya akan mencoba mempertahankannya selama mungkin," tegas Jakobsen.

Sementara itu, walau sempat terjatuh di tahapan ini, Rein Taaramae (Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux) tetap bertengger di puncak General Classification (GC). Pembalap asal Estonia ini berhak mengenakan jersey merah sebagai simbol pemimpin balapan.

"Jika tidak ada angin di Etape 5, saya bisa lebih lama mempertahankan jersey ini. Saya pikir ada dua etape lagi di mana saya bisa mempertahankan jersey merah ini," tegasnya. (mainsepeda)

Hasil Etape 4 La Vuelta a Espana 2021 (Top Ten)
1. Fabio Jakobsen (Belanda), Deceuninck-QuickStep 3 jam 43 menit 7 detik
2. Arnaud Demare (Prancis), Groupama-FDJ +0
3. Magnus Cort (Denmark), EF Education-Nippo +0
4. Alberto Dainese (Italia), Team DSM +0
5. Michael Matthews (Australia), Team BikeExchange +0
6. Piet Allegaert (Belgia), Cofidis +0
7. Jordi Meeus (Belgia), Bora-Hansgrohe +0
8. Matteo Trentin (Italia), UAE Team Emirates +0
9. Jasper Philipsen (Belgia), Alpecin-Fenix +0
10. Riccardo Minali (Italia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +0

General Classification usai 4 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Rein Taaramae (Estonia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux 13 jam 08 menit 51 detik
2. Kenny Elissonde (Prancis), Trek-Segafredo +25
3. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +30
4. Lilian Calmejane (Prancis), AG2R Citroën +35
5. Enric Mas (Spanyol), Movistar +45
6. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Movistar Team +51
7. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +57
8. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo +57
9. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +57
10. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +1:09

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 52

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS