Pesaing Roglic Bukan Hanya Bernal

Absennya Tadej Pogacar (UEA Team Emirates) membuat La Vuelta a Espana 2021 akan menjadi duel antara Primoz Roglic (Jumbo-Visma) dengan Egan Bernal (Ineos Grenadiers). Keduanya sama-sama pembalap hebat sekaligus pemenang Grand Tour.

Roglic tentu saja menjadi unggulan utama. Pembalap asal Slovenia itu adalah juara dua edisi terakhir balapan ini. Roglic akan mendapatkan lawan tangguh musim ini, yakni Egan Bernal. Rider asal Kolombia ini memenangi Giro d'Italia 2021 pada Mei lalu. Bernal juga tercatat sebagai juara Tour de France 2019.

Tapi Roglic memiliki pandangan sendiri. Baginya, Bernal bukan satu-satunya lawan terkuat. Masih ada Richard Carapaz dan Adam Yates dari Ineos Grenadiers. Serta dua pembalap tim Movistar, yakni Enric Mas dan Miguel Angel Lopez. Juga Hugh Carthy (EF Education-Nippo) yang menduduki peringkat ketiga tahun lalu.

"Saya lebih khawatir dengan pertanyaan tentang bagaimana menjalani ajang ini hari demi hari dan bagaimana kami mendekatinya dengan seluruh tim. Sehingga kami tidak membuat kesalahan. Itu yang saya khawatirkan," ucap Roglic dilansir Cyclingnews.

"Seperti yang Anda tahu dengan pasti, Egan adalah pembalap yang sangat kuat. Tapi ia bukan satu-satunya pembalap terkuat. Anda memiliki lebih banyak rider yang lebih kuat dan itu akan menjadi pertarungan besar di antara kita semua sampai akhir," tegas pemenang medali emas nomor time trial di Olimpiade Tokyo ini.

Roglic sadar bahwa kehadiran Bernal akan menghidupkan nuansa La Vuelta tahun ini. Persaingannya dengan leader tim Ineos Grenadiers akan menjadi bumbu pemanis di balapan terbesar di Spanyol itu. Seperti halnya tentang persaingannya dengan Tadej Pogacar di Tour de France tahun ini.

"Akan tetapi, pada akhirnya saya tidak peduli tentang siapa yang saya lawan. Apakah itu Tadej atau Bernal atau Richie. Mereka kuat dan mampu menang. Kami tetap fokus pada diri sendiri dan seluruh tim di sekitar saya," tegasnya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 52

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS