Pembalap F1 Ikut Event Gravel Akhir Pekan ini

Pembalap Formula One (F1) Valtteri Bottas akan tampil di event gravel di Colorado, Amerika Serikat, Minggu (15/8) ini. Dalam ajang bertajuk SBT GRVL itu, Bottas turun bersama kekasihnya, yakni rider tim Canyon-SRAM, Tiffany Cromwell.

Bottas memang hobi bersepeda. Pembalap tim Mercedes-AMG Petronas ini acap kali gowes bersama Cromwell. Baik keliling sirkuit balap atau di jalan raya. Bottas akan tampil di SBT GRVL akhir pekan ini. Ia akan bersepeda sejauh 64 mil, sekitar 102,9 kilometer.

"Ini untuk bersenang-senang. Saya hanya melakukan balapan sekitar 60 mil. Tetapi, saya akan memberikan semua yang saya miliki. Saya tidak keberatan melakukan itu," kata Bottas kepada Velonews.

Bottas dan kekasihnya, Tiffany CromwellCromwell adalah pembalap tim Canyon-SRAM

Peserta SBT GRVL memang memiliki opsi jarak tempuh. Yang terberat adalah 144 mil, sekitar 231 kilometer. Panitia penyelenggara menyebutnya dengan black course. Opsi kedua adalah 103 mil (blue course), 64 mil (red course), dan 37 mil (green course).

Untuk kelas 64 mil seperti yang diikuti Bottas, peserta akan nanjak sekitar 4.100 kaki, sekitar 1.250 meter. Lebih dari 50 mil (80 kilometer) medannya adalah jalanan gravel.

Profil rute SBT GRVL "Red Course"

Bottas mengaku bahwa SBT GRVL adalah event balap sepeda kedua yang diikuti. Sebelumnya, pria 31 tahun ini tampil di sebuah event criterium di Australia pada Januari 2020, tepat sebelum pandemi Covid-19 meledak di dunia.

Bagi Bottas, bersepeda tak sekadar caranya untuk menjaga kondisi. Olahraga ini bisa menjadi selingan atas tekanan di lintasan F1. "Ketika jadwal balap sedang sibuk, saya gowes seminggu sekali. Ketika saya memiliki waktu seminggu untuk balapan, maka saya akan bersepeda hampir sepanjang hari. Minggu lalu di Finlandia, kami bersepeda setiap hari," ucap Bottas. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 52

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Tiffany Cromwell


COMMENTS