Gaviria Menang Lagi di Polandia Setelah Lima Tahun

Fernando Gaviria (UAE Team Emirates) mencatat kemenangan pertamanya musim ini. Pembalap asal Kolombia itu menang sprint di Etape 3 Tour de Pologne 2021, Rabu (11/8) tengah malam waktu Indonesia. Mengungguli Olav Kooij (Jumbo-Visma) dan pemenang Etape 1 Phil Bauhaus (Bahrain Victorious).

Etape 3 menempuh total jaraknya 226,4 kilometer. Peloton melaju dari Sanok ke Rzeszow. Medannya cocok untuk santapan para sprinter. Setengah rutenya berbukit. Ada dua tanjakan Kategori 2 dan satu tanjakan Kategori 3. Namun 50 kilometer terakhirnya cenderung flat.

Gaviria unjuk gigi di kilometer pemungkas. Ketika Kooij membuka sprint di posisi yang sempurna di 200 meter terakhir, Gaviria membuntutinya. Sementara Bauhaus yang disokong oleh Matej Mohoric, justru tampak ragu-ragu untuk menyerang.

Kooij memimpin. Sayang, pemuda asal Belanda ini kehilangan tenaga di 20 meter menjelang finis. Keuntungan untuk Gaviria. Ia makin tancap gas dan menjadi yang pertama finis di Etape 3. Gaviria menuntaskan tahapan ini dengan catatan waktu 5 jam 18 menit 15 detik.

"Ini adalah etape yang sangat bagus bagi kami dan kemenangan yang sangat bagus. Saya mencoba meraih kemenangan tahun ini berkali-kali dan saya senang kemenangan itu akhirnya tiba hari ini," kata Gaviria kepada TVP Sport di garis finis.

Gaviria berulang kali nyaris menang tahun ini. Ia finis tiga besar etape di Tirreno-Adriatico, Giro d'italia dan Tour de Wallonie. Setelah menunggu sekitar enam bulan, sejak balapan pertamanya pada Februari lalu, Gaviria akhirnya menang lagi.

Ini adalah kemenangan ketiganya di Polandia. Sebelumnya, Gaviria mengoleksi dua kemenangan etape di Tour de Pologne 2016. Kala itu ia masih memperkuat tim Etixx-QuickStep (sekarang Deceuninck-QuickStep).

"Semua tim mempercayai saya untuk etape ini. Kami melakukan yang maksimal untuk tiba di grup terdepan. Kami menempatkan banyak pembalap untuk bekerja. Tim kemudian menempatkan saya di posisi terbaik untuk sprint," ucapnya senang.

Hasil Etape 3 belum cukup untuk menggoyahkan posisi Joao Almeida (Deceuninck-QuickStep) di puncak General Classification (GC). Rider asal Portugal tersebut masih akan mengenakan jersey kuning ketika start di Etape 4, Kamis (12/8). (mainsepeda)

Hasil Etape 3 Tour de Pologne 2021 (Top Ten)
1. Fernando Gaviria (Kolombia), UAE Team Emirates 5 jam 18 menit 15 detik
2. Olav Kooij (Belanda), Jumbo-Visma +0
3. Phil Bauhaus (Jerman), Bahrain Victorious +0
4. Max Kanter (Jerman), Team DSM +0
5. Maximilian Walscheid (Jerman), Qhubeka NextHash +0
6. Jonas Rickaert (Belgia), Alpecin-Fenix +0
7. Hugo Hofstetter (Prancis), Israel Start-up Nation +0
8. Michael Schwarzmann (Jerman), Bora-Hansgrohe +0
9. Michal Kwiatkowski (Polandia), Ineos Grenadiers +0
10. John Degenkolb (Jerman), Lotto Soudal +0

General Classification usai 3 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep 15 jam 1 menit 2 detik
2. Matej Mohoric (Slovenia), Bahrain Victorious +4
3. Diego Ulissi (Italia), UAE Team Emirates +4
4. Michal Kwiatkowski (Polandia), Ineos Grenadiers +11
5. Mikkel Honoré (Denmark), Deceuninck-QuickStep +18
6. Dylan Teuns (Belgia), Bahrain Victorious +22
7. Lorenzo Rota (Italia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +22
8. Jai Hindley (Australia), Team DSM +22
9. Giovanni Aleotti (Italia), Bora-Hansgrohe +22
10. Einer Rubio (Kolombia), Movistar +26

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 52

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images, Bettini Photo


COMMENTS