Bauhaus Tumbangkan Hodeg di Chelm

Phil Bauhaus (Bahrain Victorious) membuka Tour de Pologne 2021 dengan kemenangan, Senin (9/8) tengah malam waktu Indonesia. Pembalap asal Jerman tersebut mengungguli Alvaro Hodeg (Deceuninck-QuickStep) dan Hugo Hofstetter (Israel Start-up Nation).

Etape 1 Tour de Pologne 2021 menempuh rute sejauh 216,4 kilometer. Para pembalap melaju dari Lublin menuju Chelm. Tak ada hambatan yang berarti. Hanya terdapat tiga tanjakan Kategori 3 yang dilalui di Blazek, Antolin, dan Hosznia Abramowska.

Bauhaus dan timnya menyaksikan Deceuninck-QuickStep mengatur kecepatan ke kilometer final. Kemudian Hodeg mulai melancarkan manuver di jalanan berbatu dengan gradien sekitar lima persen, 300 meter menuju finis. Sayang pembalap asal Kolombia itu tidak mampu mempertahankan keunggulannya.

Bauhaus berhasil menangkap Hodeg di sisa sepuluh meter dan menutup celah bagi sang rivalnya. Pembalap 27 tahun ini memungkasi perjuangannya dengan finis pertama di etape pertama. Ini adalah kemenangan keenamnya sepanjang musim 2021.

"Saya sangat percaya diri dengan kelompok sprint kami untuk melakukan hasil yang sangat baik. Kami menjalani musim yang luar biasa sejauh ini. Kami mempersiapkan diri dengan sangat baik untuk balapan ini," katanya dalam laman resmi tim.

Bauhaus berjuang habis-habisan di kilometer pamungkas. Ia mendobrak kereta cepat Deceuninck-QuickStep yang sangat solid dengan Hodeg sebagai ujung tombaknya. Makin berat karena jalanan sedikit menanjak di Chelm.

"Saya menghemat sedikit energi untuk 150 meter terakhir. Kemudian saya tancap gas lagi. Saya fokus untuk menangkap Hodeg dari Quickstep dan saya berhasil," ucapnya bangga.

Gagal mendapatkan kemenangan yang sudah di depan mata membuat Hodeg kecewa. Pembalap 24 tahun ini tak menampik bahwa kilometer final adalah momen tersulit. Pada akhirnya, ia harus puas meski hanya finis di peringkat kedua.

"Saya berharap akselerasi yang cukup untuk membawa saya meraih kemenangan. Tapi pembalap lain lebih cepat dan memiliki lebih tenaga," ucap pembalap yang musim depan akan bergabung dengan UAE Team Emirates itu. (mainsepeda)

Hasil Etape 1 Tour de Pologne 2021 (Top Ten)
1. Phil Bauhaus (Jerman), Bahrain Victorious 5 jam 1 menit 24 detik
2. Alvaro Hodeg (Kolombia), Deceuninck-QuickStep +0
3. Hugo Hofstetter (Prancis), Israel Start-up Nation +0
4. Edward Theuns (Belgia), Trek-Segafredo +0
5. David Dekker (Belanda), Jumbo-Visma +0
6. Dion Smith (Selandia Baru), Team BikeExchange +0
7. Jonas Rickaert (Belgia), Alpecin-Fenix +0
8. Biniam Girmay (Eritrea) Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +0
9. Matej Mohoric (Slovenia), Bahrain Victorious +0
10. Michal Kwiatkowski (Polandia), Ineos Grenadiers +0

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 52

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Bettini Photo, Getty Images


COMMENTS