Perang Bintang di Olimpiade Tokyo Dimulai Hari ini

Cabang olahraga balap sepeda di Olimpiade Tokyo akan mulai dilombakan hari ini (24/7). Disiplin pertama yang akan bertanding adalah road race putra. Ada banyak bintang yang akan tampil di Fuji International Speedway nanti.

Balapan road race putra akan diikuti 130 atlet dari 57 negara. Mereka akan melaju dari Musashinonomori Park menuju Fuji Speedway. Panjang rutenya 234 kilometer. Ada lima tanjakan yang harus dilalui pembalap.
Salah satunya Fuji Sanroku, tanjakan sepanjang 14,5 kilometer dengan rata-rata kemiringan 6 persen. Mukuni pass juga tak kalah berat. Pembalap harus nanjak sejauh 6,8 kilometer dengan gradien sekitar 10,1 persen.

Ada banyak nama tenar yang akan tampil di Tokyo. Tim Belgia, misalnya. Mereka menurunkan Wout van Aert (Jumbo-Visma), Remco Evenepoel (Deceuninck-QuickStep), Tiesj Benoot (Team DSM), Mauri Vansevenant (Deceuninck-QuickStep), serta peraih medali emas di Olimpiade Rio 2016, Greg van Avermaet (AG2R Citroen).
Tim kuat lainnya adalah Slovenia. Mereka menampilkan empat pembalap, dua di antaranya adalah pemenang Grand Tour, yakni Tadej Pogacar (dua kali juiara Tour de France) dan Primoz Roglic (dua kali juara La Vuelta a Espana). Mereka akan dibantu Jan Polanc (UAE Team Emirates) dan Jan Tratnik (Bahrain Victorious).

Selain kedua negara itu, tim Britania Raya (Team GB) juga diperkuat tiga pemenang Grand Tour, yakni Geraint Thomas (juara Tour de France 2018), Tao Geoghegan Hart (pemenang Giro d'Italia 2020), dan Simon Yates (juara La Vuelta 2018). Satu nama lainnya adalah pembalap anyar Ineos Grenadiers, Adam Yates.
Tim Belanda juga tak kalah kuat. Ada lima pembalap yang mereka tampilkan. Tiga di antaranya adalah Wilco Kelderman (Bora-Hansgrohe), Tom Dumoulin (Jumbo-Visma), juara Dwars door Vlaanderen, Dylan van Baarle (Ineos Grenadiers), dan pemenang Etape 14 di Tour de France 2020, Bauke Mollema (Trek-Segafredo).

Spanyol akan start dengan lima pembalap. Termasuk dua pembalap Astana-Premier Tech, yakni Gorka dan Ion Izagirre. Serta rider kawakan Alejandro Valverde (Movistar). Lalu tim Kolombia akan diperkuat nama-nama familiar seperti Esteban Chaves (Team BikeExchange), Sergio Higuita (EF Education-Nippo), Nairo Quintana (Arkea-Samsic), dan Rigoberto UrĂ¡n (EF Education-Nippo).

Lomba di nomor road race putra akan dimulai sekitar pukul 09.30 WIB. Finisnya diperkirakan pukul 15.30 WIB. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 51

Foto: ASO, LaFlammeRouge


COMMENTS