Van Aert Menang di Champs-Élysées, Pogacar Rebut Tiga Jersey

Wout Van Aert (Jumbo-Visma) membuyarkan mimpi Mark Cavendish untuk menang di Champs-Élysées di Paris. Pembalap asal Belgia ini menang sprint di etape pemungkas Tour de France 2021, Senin (19/7) dini hari waktu Indonesia. Memaksa Cavendish puas finis ketiga.

Seperti biasa, lomba paling bergengsi di dunia ini diakhiri dengan tradisi adu sprint di jalanan Champs-Élysées di Paris. Champs-Élysées ini telah dianggap sebagai "kejuaraan dunia para sprinter." Memenangkannya adalah sebuah gengsi tersendiri.

Itulah sebabnya Van Aert menargetkan kemenangan di Etape 21 setelah ia memenangkan lomba time trial di tahapan sebelumnya. Pembalap 26 tahun tersebut ingin menutup perjalanannya di Tour de France 2021 dengan sempurna.
Dalam etape yang menempuh total jarak 108,4 kilometer itu, Mike Teunissen membawa Van Aert ke posisi terdepan di sisa 200 meter. Van Aert lalu melaju sangat kencang dan berhasil mengalahkan Jasper Philipsen (Alpecin-Fenix). Sementara Cavendish dipaksa finis ketiga.

"Saya hampir tidak mempercayainya. Tour ini luar biasa. Ini seperti roller coaster. Tetapi untuk melengkapinya dengan kemenangan di akhir pekan seperti ini, ini jauh di luar dugaan," ungkapnya seusai balapan.

Menurut laman LeTourData, dengan kecepatan rata-rata 66,2 km/jam di 500 meter terakhir, Van Aert adalah pebalap pertama sejak 1979 yang memenangkan sprint, etape gunung, dan balapan time trial di edisi Tour de France yang sama. Ia berhasil menaklukkan Mont Ventoux dan Champs-Élysées sekaligus.

"Kemenangan di Champs-Élysées ini tak ternilai harganya. Saya harus berterima kasih kepada tim kecil kami. Terutama Mike Teunissen yang membuat saya unggul dalam sprint," imbuh Van Aert.
Sementara itu, Etape 21 dibuka dengan tradisi lama. Tak lama setelah berangkat dari Chatou, Tadej Pogacar dan seluruh rider UAE-Team Emirates berfoto rapi di depan peloton. Pogacar memakai yellow jersey. Rekan setimnya mengenakan jersey khusus, kombinasi putih dengan kuning terang.

Aksesoris lainnya pun serba kuning. Mulai dari kacamata, bar tape, serta sarung tangan. Tak ketinggalan, sepeda Colnago yang ditunggangi Pogacar juga dibumbui dengan corak kuning.

Seperti tahun lalu, Pogacar juga berfoto dengan rekan senegaranya yang masih tersisa di peloton, yakni Luka Mezgec (Team BikeExchange) dan Matej Mohoric (Bahrain Victorious). Pogacar tampak memegang nomor 11, nomor balapan milik Primoz Roglic (Jumbo-Visma) yang harus out karena cedera.

Pogacar membawa pulang tiga jersey sekaligus di Tour de France 2021. Ia menguasai General Classification (GC) dan berhak atas jersey kuning. Ia mengungguli Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) dan Richard Carapaz (Ineos Grenadiers).

Selain itu, Pogi, begitu ia akrab disapa, juga mendapatkan jersey putih (young rider classification) dan jersey polkadot (mountains classification).
Sementara green jersey menjadi milik Cavendish. Sprinter 36 tahun asal Deceuninck-QuickStep itu memuncaki points classification dengan koleksi 337 poin. Terpaut 46 angka dari pembalap Australia, Michael Matthews (Team BikeExchange). (mainsepeda)

Hasil Etape 21 Tour de France 2021 (Top Ten)
1. Wout van Aert (Belgia), Jumbo-Visma 2 jam 39 menit 37 detik
2. Jasper Philipsen (Belgia), Alpecin-Fenix +0
3. Mark Cavendish (Inggris), Deceuninck-QuickStep +0
4. Luka Mezgec (Slovenia), Team BikeExchange +0
5. André Greipel (Jerman), Israel Start-up Nation +0
6. Danny van Poppel (Belanda), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +0
7. Michael Matthews (Australia), Team BikeExchange +0
8. Alex Aranburu (Spanyol), Astana-Premier Tech +0
9. Cyril Barthe (Prancis), B&B Hotels p/b KTM +0
10. Maximilian Walscheid (Jerman), Qhubeka-NextHash +0

Final General Classification (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 82 jam 56 menit 36 detik
2. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +5:20
3. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +7:03
4. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroën +10:02
5. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +10:13
6. Enric Mas Nicolau (Spanyol), Movistar +11:43
7. Alexey Lutsenko (Kazakstan), Astana-Premier Tech +12:23
8. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +15:33
9. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +16:04
10. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Education-Nippo +18:34

Points Classification
Mark Cavendish (Deceuninck-QuickStep)

Mountains Classification
Tadej Pogacar (UAE-Team Emirates)

Young Riders Classification
Tadej Pogacar (UAE-Team Emirates)

Teams Classification
Bahrain Victorious

Combativity Award
Franck Bonnamour (B&B Hotels p/b KTM)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 50

Foto: ASO, Bettini Photo, Getty Images


COMMENTS