Van Aert Menang TT, Pogacar Juara Overall

Wout van Aert berhasil mewujudkan salah satu target terbesarnya sebagai pembalap, yakni menang time trial di Tourd de France. Rider tim Jumbo-Visma tersebut merealisasikannya di Etape 20, Sabtu (17/7). Sementara Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) di ambang menjadi pemenang Tour de France 2021.

Seperti tahun lalu, balapan time trial (TT) kembali ditempatkan di Etape 20. Lomba digeber di rute sepanjang 30,8 kilometer. Membentang dari Libourne menuju Saint-Émilion. Total 142 pembalap start di panggung ini.
Van Aert menjadi yang terbaik di tahapan ini. Ia menyelesaikan Etape 20 dengan catatan waktu 35 menit 53 detik. Van Aert mengungguli dua pembalap asal Denmark, yakni Kasper Asgreen (Deceuninck-QuickStep) dan Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma). Keduanya terpaut 21 detik dan 32 detik.

"Memenangkan time trial di Tour de France telah menjadi salah satu tujuan terbesar saya dalam karier saya. Saya benar-benar fokus pada balapan ini dalam beberapa hari terakhir. Saya sangat senang saya bisa memenangkannya," kata runner-up kejuaraan dunia time trial 2020 ini.

Pembalap 26 tahun ini menambahkan, ada perbedaan karakter antara time trial di Etape 20 dengan di Etape 5 lalu. Pada saat itu Van Aert finis keempat. Terpaut setengah menit dari Pogacar. Ia merasa diuntungkan dengan karakter rute di Etape 20 yang sangat cocok dengannya.

Ini adalah kemenangan kedua Van Aert di Tour de France musim ini. Sebelumnya, ia memenangkan di Etape 11. Sementara untuk Jumbo-Visma, ini adalah kemenangan ketiga. Dua kemenangan dipersembahkan Van Aert. Satu lainnya diraih Sepp Kuss di Etape 15.

"Ini adalah Tour de France yang sangat sulit bagi tim kami. Namun kami selalu berjuang. Pada akhirnya kami memiliki tiga kemenangan etape dan Jonas di urutan kedua di GC. Ini merupakan hasil luar biasa dengan hanya empat orang yang tersisa. Saya sangat bangga tentang bagaimana kami bertarung," bilang Van Aert.
Sementara itu, finis kedelapan di balapan time trial di Etape 20, cukup untuk mengamankan posisi Pogacar di puncak General Classification (GC). Pembalap 22 tahun tersebut di ambang mempertahankan gelarnya di Tour de France 2021.

Rider asal Slovenia tersebut tak hanya berhak atas jersey kuning, tapi juga meraih jersey putih (young rider classification) dan jersey polkadot (mountains classification).

"Saya tidak bisa membandingkan kedua kemenangan Tour de France. Saya tidak bisa mengatakan mana yang lebih indah. Tahun lalu semuanya diputuskan pada ITT terakhir dan emosinya jauh lebih kuat. Kali ini, saya mengambil jersey kuning dengan cukup baik. Ini benar-benar berbeda," ungkapnya. (mainsepeda)

Hasil Etape 20 Tour de France 2021 (Top Ten)
1. Wout Van Aert (Belgia), Jumbo-Visma 35 menit 53 detik
2. Kasper Asgreen (Denmark), Deceuninck-QuickStep +21
3. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +32
4. Stefan Küng (Swiss), Groupama-FDJ +38
5. Stefan Bissegger (Swiss), EF Education-Nippo +45
6. Mattia Cattaneo (Italia), Deceuninck-QuickStep +50
7. Mikkel Bjerg (Denmark), UAE Team Emirates +53
8. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +57
9. Magnus Cort (Denmark), EF Education-Nippo +1:00
10. Dylan van Baarle (Belanda), Ineos Grenadiers +1:21

General Classification usai 20 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 80 jam 17 menit
2. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +5:20
3. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +7:02
4. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroën +10:01
5. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +10:13
6. Enric Mas Nicolau (Spanyol), Movistar +11:43
7. Alexey Lutsenko (Kazakstan), Astana-Premier Tech +12:22
8. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +15:33
9. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +16:04
10. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Education-Nippo +18:33

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 50

Foto: ASO, Getty Images


COMMENTS