Mohoric Bungkam Pengkritik Bahrain Victorious

Matej Mohoric (Bahrain Victorious) menang lagi. Pembalap asal Slovenia tersebut jadi yang tercepat di Etape 19, Jumat (16/7). Ini merupakan kemenangan keduanya di Tour de France 2021. Kemenangan ini terasa manis setelah penggeledahan yang terjadi di hotel tim Bahrain Victorious pada Rabu (14/7) malam.

Bahrain Victorious kini menjadi bahan pembicaraan. Mereka diduga tersandung masalah doping. Anggapan ini makin kuat setelah penggeledahan yang dilakukan aparat kepolisian di hotel tempat tim ini menginap di Pau pada Rabu kemarin malam.

BACA JUGA: Polisi Geledah Hotel Tim Bahrain Victorious

Konon, menurut laporan Reuters, penggeledahan itu berlangsung hingga dini hari. Tak ada penangkapan yang dilakukan. Namun polisi mengambil berkah pelatihan milik para pembalap.
Saat timnya sedang disorot dan mendapat tudingan miring, Mohoric sukses memberikan kemenangan spesial untuk Bahrain Victorious. Pembalap Slovenia ini finis pertama di Etape 19. Tahapan ini menempuh rute sejauh 207 kilometer. Peloton bergerak dari Mourenx menuju Libourne.

Mohoric melakukan solo ride sejauh 25 kilometer untuk mendapatkan kemenangan keduanya di Tour de France musim ini. Mohoric menuntaskan Etape 19 dengan catatan waktu 4 jam 19 menit 17 detik. Christophe Laporte (Cofidis) dan Casper Pedersen (Team DSM) finis kedua dan ketiga dengan selisih 58 detik.

"Taktik kami hari ini adalah untuk memperhatikan breakaway. Terutama jika lebih dari delapan orang dengan Deceuninck-QuickStep atau Alpecin-Fenix berada ​​di dalamnya," ungkap Mohoric seusai lomba.
Mulanya, ia berpikir Deceuninck-QuickStep akan mengejar kemenangan ke-35 untuk Mark Cavendish. Tim asal Belgia ini diprediksi akan mengontrol lomba bersama Alpecin-Fenix. Rupanya prediksi ini tidak terwujud. Situasi ini dimaksimalkan Mohoric untuk terus berada di baris terdepan.

Pada akhirnya usaha pembalap 26 tahun tersebutmembuahkan hasil. Mohoric benar-benar tak terkejar ketika solo ride sejauh 25 kilometer menuju Libourne. Meninggalkan dua rival terdekatnya dengan gap hampir satu menit.

"Saya hanya berusaha sekuat mungkin. Saya juga berusaha untuk menjadi se-aero mungkin. Untungnya, saya berhasil menjaga jarak hingga finis," imbuhnya.
Sementara itu, hasil Etape 19 tidak memengaruhi posisi pembalap di sepuluh besar General Classification (GC). Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) masih kukuh di puncak GC. Ia ditempel Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) dan Richard Carapaz (Ineos Grenadiers) dengan gap lebih dari lima menit. (mainsepeda)

Hasil Etape 19 Tour de France 2021 (Top Ten)
1. Matej Mohoric (Slovenia), Bahrain Victorious 4 jam 19 menit 17 detik
2. Christophe Laporte (Prancis), Cofidis +58
3. Casper Pedersen (Denmark), Team DSM +58
4. Mike Teunissen (Belanda), Jumbo-Visma +58
5. Nils Politt (Jerman), Bora-Hansgrohe +1:08
6. Edward Theuns (Belgia), Trek-Segafredo +1:08
7. Michael Valgren (Denmark), EF Education-Nippo +1:08
8. Georg Zimmermann (Jerman), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +1:08
9. Anthony Turgis (Prancis), TotalEnergies +1:08
10. Jasper Stuyven (Belgia), Trek-Segafredo +1:08

General Classification usai 19 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 79 jam 40 menit 9 detik
2. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +5:45
3. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +5:51
4. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroën +8:18
5. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +8:50
6. Enric Mas Nicolau (Spanyol), Movistar +10:11
7. Alexey Lutsenko (Kazakstan), Astana-Premier Tech +11:22
8. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +12:46
9. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +13:48
10. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Education-Nippo +16:25

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 50

Foto: Getty Images, Bettini Photo


COMMENTS