Menang TT, Pogacar Tempel Van der Poel di GC

Juara bertahan Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) mendapatkan kemenangan pertamanya di Tour de France 2021. Ia menjadi yang terbaik dalam balapan time trial di Etape 5, Rabu (30/6). Kemenangannya itu membuat Pogacar menempel Mathieu van der Poel (Alpecin-Fenix) di General Classification (GC).

Inilah balapan time trial pertama di Tourd de France musim ini. Berlangsung di medan sepanjang 27,2 kilometer dari Changé menuju Laval Espace Mayenne. Medannya cenderung flat. Hanya ada dua tanjakan pendek di awal dan akhir balapan.

Pogacar tampil sempurna di etape ini. Pembalap asal Slovenia itu menyelesaikannya dengan catatan waktu 32 menit. Ia unggul 19 detik atas Stefan Küng (Groupama-FDJ). Lalu terpaut 27 detik dari pembalap tim Jumbo-Visma, Jonas Vingegaard.

"Ini hanya hari yang baik dan saya tidak melakukan satu pun kesalahan," bilang pembalap 22 tahun ini selepas balapan. "Cuaca yang sempurna bagi saya. Meski sejumlah pembalap kesulitan karena jalan yang basah. Beruntung saya memiliki kondisi yang sempurna dan suhu tubuh yang juga sempurna," sambung Pogacar.

Walau tampil sangat hebat di Etape 5 ini, namun Pogacar belum berhasil menggusur Van der Poel dari puncak GC. Juara dunia cyclocross itu tampil tak kalah hebat di tahapan ini. Van der Poel berhasil finis di posisi kelima. Terpaut 31 detik dari Pogi, sapaan akrab Pogacar.

Meski demikian, Van der Poel mungkin tak bisa berlama-lama mengenakan jersey kuning. Sebab Pogacar sudah menempel di posisi kedua di GC dengan selisih delapan detik saja. "Tujuannya bukan untuk kehilangan waktu. Tapi memperpendek gap. Saya ingin memiliki jersey kuning, tapi Mathieu tampil sangat bagus," imbu Pogi.

Keberhasilan Van der Poel finis kelima di balapan time trial di Etape 5 cukup mengejutkan. Rupanya, ini adalah buah kerja keras Van der Poel dengan tim mekanik Alpecin-Fenix. Mereka bekerja sangat keras untuk membuat Van der Poel tampil hebat di etape ini.

"Mekanik bekerja sampai tengah malam untuk mencoba membantu saya menjadi lebih aero. Saya berterima kasih kepada tim. Ternyata hasilnya lebih baik dari yang kami harapkan," ungkapnya.

Sementara itu, balapan time trial menjadi kesempatan emas Primoz Roglic (Jumbo-Visma) untuk memperbaiki posisi di GC. Mantan juara nasional Slovenia itu berhasil finis ketujuh. Terpaut 44 detik dari Pogacar. Hasil ini cukup untuk mengembalikan Roglic ke sepuluh besar GC.

"Itu hari yang. Saya benar-benar memberikan segalanya. Saya tidak merasa dalam kondisi prima, meski dipenuhi lecet dari kepala sampai kaki. Tahap demi tahap. Saya merasa sedikit lebih baik. Kami akan terus memberikan segalanya sebagai tim setiap hari, lalu melihat seberapa jauh kami bisa melangkah," tutur Roglic. (mainsepeda)

Hasil Etape 5 Tour de France 2021 (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 32 menit
2. Stefan Küng (Swiss), Groupama-FDJ +19
3. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +27
4. Wout Van Aert (Belgia), Jumbo-Visma +30
5. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix +31
6. Kasper Asgreen (Denmark), Deceuninck-QuickStep +37
7. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +44
8. Mattia Cattaneo (Italia), Deceuninck-QuickStep +55
9. Richie Porte (Australia), Ineos Grenadiers +55
10. Alexey Lutsenko (Kazakhstan), Astana-Premier Tech +1:00

General Classification usai 5 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix 16 jam 51 menit 41 detik
2. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +8
3. Wout Van Aert (Belgia), Jumbo-Visma +30
4. Julian Alaphilippe (Prancis), Deceuninck-QuickStep +48
5. Alexey Lutsenko (Kazakhstan), Astana-Premier Tech +1:21
6. Pierre Latour (Prancis), TotalEnergies +1:28
7. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Education-Nippo +1:29
8. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +1:43
9. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +1:44
10. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +1:48

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 48

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: ASO


COMMENTS