Ewan Angkat Kaki, Sagan Bisa Lanjutkan Balapan

Kecelakaan hebat dialami Peter Sagan (Bora-Hansgrohe) dan Caleb Ewan (Lotto Soudal) saat adu sprint di 150 meter menjelang finis. Insiden ini membuat kedua sprinter itu terlepanting dan membentur aspal. Sagan disebut baik-baik saja dan tidak mengalami cedera serius. Tapi Ewan harus out dari ajang ini.

Insiden ini berlangsung sangat cepat. Dalam tayangan ulang, tampak roda depan Ewan menyentuh roda belakang Tim Merlier (Alpecin-Fenix). Membuat pembalap Australia ini terjatuh dan menabrak Sagan di sisa 150 meter. Butuh waktu cukup lama bagi keduanya untuk bangkit dan menjangkau garis finis.

Ewan langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan. Dalam sebuah pernyataan resmi, Lotto Soudal mengungkapkan bahwa pembalap andalannya itu mengalami retak tulang selangka. Ewan akan dioperasi di Monako.

"Biasanya ketika Anda jatuh, Anda tidak merasa terlalu sakit karena adrenalin. Tetapi saya langsung kesakitan. Ketika staf medis menekan tulang selangka saya, saya merasakannya "klik". Saya segera tahu ada sesuatu yang tidak beres," ucap Ewan.

Ewan dipastikan tidak akan start di Etape 4 pada Selasa (29/6). Ini merupakan kekecewaan besar untuk pembalap 26 tahun itu. Sebab ia harus meninggalkan Tour de France 2021 tanpa mendapatkan satu pun kemenangan.  "Seharusnya ada banyak waktu untuk sembuh kemudian tampil di La Vuelta," harapnya.

Sementara itu, laman resmi Bora-Hansgrohe melaporkan bahwa sang superstar tidak mengalami cedera serius akibat insiden ini. "Saya berhasil bangun, mengendarai sepeda saya dan melewati garis finish. Tapi, tentu saja, itu tidak benar dan tidak seperti yang saya inginkan," ucapnya Sagan.

Selain Ewan, pembalap unggulan yang harus keluar lebih awal dari Tour de France 2021 adalah Jack Haig. Rider tim Bahrain Victorious ini mengalami crash di sisa lima kilometer. Membuatnya angkat kaki dari ajang ini. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 47

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Belga


COMMENTS