Van der Poel Menang dan Meraih Yellow Jersey

Setelah juara dunia road 2020 Julian Alaphilippe (Deceuninck-QuickStep), sekarang giliran juara dunia cyclocross Mathieu van der Poel (Alpecin-Fenix) yang naik podium. Ia menjadi yang tercepat di Etape 2 Tour de France 2021, Minggu (27/6).

Tidak sekadar memenangkan Etape 2, pembalap asal Belanda ini memuncaki General Classification (GC) sekaligus merebut yellow jersey dari tangan Alaphilippe.

Tahapan ini menempuh jarak sejauh 183.5 kilometer. Saat lomba belum genap memasuki kilometer ke-20, sekitar enam pembalap berhasil melarikan diri dari peloton. Dua di antaranya adalah Ide Schelling (Bora-Hansgrohe) dan Edward Theuns (Trek-Segafredo).

Hujan makin deras ketika Schelling mencoba melepaskan diri dari grup breakaway, sekitar 82 kilometer dari finis. Sayang dominasinya tak berlangsung lama. Schelling dan Anthony Perez (Cofidis) akhirnya tertangkap peloton di sisa 67 kilometer.

Kini grup terdepan hanya tersisa Theuns dan Jeremy Cabot (Team TotalEnergies). Mereka unggul lebih dari satu menit dari rombongan besar. Setelah memimpin selama hampir 50 kilometer, Theuns akhirnya tertangkap peloton di sisa 17 kilometer. Selanjutnya para pembalap mengitasi Mûr-de-Bretagne.
Kemudian tim-tim mulai menempatkan pembalap terkuatnya di kelompok terdepan di sisa sepuluh kilometer. Van der Poel mulai menunjukkan taringnya di kilometer pemungkas. Setelah menangkap Sonny Colbrelli (Bahrain Victorious), Van der Poel menyerang sendirian di sisa 750 meter.

Pembalap 26 tahun ini tak terkejar. Ia menjadi yang pertama mencapai garis finis. Van der Poel mengungguli dua kandidat juara Tour de France musim ini, yakni Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) dan Primoz Roglic (Jumbo-Visma). Dua pembalap asal Slovenia itu finis kedua dan ketiga dengan selisih enam detik.
Van der Poel mengaku kepikiran kakeknya, mendiang Raymond Poulidor, saat melintasi garis finis. Poulidor adalah legenda balap sepeda Prancis. Ia mengoleksi tujuh kemenangan Tour de France dan tiga kali menjadi runner-up di balapan paling akbar di dunia itu.

"Saya kehilangan kata-kata. Itu adalah kesempatan terakhir saya untuk mendapatkan yellow jersey. Rasanya luar biasa. Kemenangan ini untuk kakek saya," bilang Van der Poel dengan tersedu sedan.

Tahun ini merupakan debut Van der Poel di Tour de France. Ia sangat bangga lantaran memenangkan etape sekaligus merebut jersey kuning yang ikonik itu. "Sayangnya ia tidak ada di sini. Tapi saya membayangkan betapa bangganya kakek kepada saya," kata Van der Poel. (mainsepeda)

Hasil Etape 2 Tour de France 2021 (Top Ten)
1. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix 4 jam 18 menit 30 detik
2. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +6
3. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +6
4. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +6
5. Julian Alaphilippe (Prancis), Deceuninck-QuickStep +8
6. Bauke Mollema (Belanda), Trek-Segafredo +8
7. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +8
8. Sergio Higuita (Kolombia), EF Education - Nippo +8
9. Pierre Latour (Prancis), Team TotalEnergies +8
10. Jack Haig (Australia), Bahrain Victorious +8

General Classification usai 2 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix 8 jam 57 menit 25 detik
2. Julian Alaphilippe (Prancis), Deceuninck-QuickStep +8
3. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +13
4. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +14
5. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +24
6. Jack Haig (Australia), Bahrain Victorious +26
7. Bauke Mollema (Belanda), Trek-Segafredo +26
8. Sergio Higuita (Kolombia), EF Education - Nippo +26
9. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +26
10. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +26

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 47

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Bettini Photo, Getty Images, ASO


COMMENTS