Pinarello Dogma F, Senjata Anyar Ineos Grenadiers

Ineos Grenadiers dipersenjatai dengan sepeda baru di Tour de France 2021. Pinarello selaku penyokong sepeda untuk tim asal Inggris itu, baru saja meluncurkan Dogma F. Sepeda ini dirilis Kamis (24/6) tengah malam waktu Indonesia, atau dua hari sebelum dimulainya Tour de France.

Sepeda anyar ini sebenarnya sudah muncul sejak awal Juni lalu. Tepatnya ketika digunakan Richard Caparaz di Tour de Suisse 2021. Banyak spekulasi yang beredar. Termasuk menyebut tunggangan anyar ini sebagai Dogma F14. Akan tetapi, spekulasi itu sedikit meleset.

Dalam pengumuman resminya terungkap bahwa seri terbaru ini diberi nama Pinarello Dogma F. Tak ada embel-embel angka di belakangnya, laiknya seri Dogma sebelumnya. Sepeda ini dirilis tak lama setelah perpanjangan kerja sama antara Pinarello dengan Ineos Grenadiers hingga 2025.
Frameset Dogma F disebut lebih ringan hingga 265 gram dari pendahulunya: Dogma F12. Sisi aerodinamika juga menjadi perhatian Pinarello. Mereka telah mendesain ulang bagian fork, downtube, dan seat stay. Dogma F disc diklaim 4,8 persen lebih aerodinamis daripada F12. Bahkan versi rim brake diklaim 3,2 persen lebih banyak.

Pinarello menawarkan Dogma F dalam sebelas pilihan ukuran yang berbeda, yang dipadukan dengan 16 ukuran stang dan dua ukuran seatpost. Dogma F akan tersedia mulai September. Sementara frameset tidak akan dijual hingga Desember.
Pinarello Dogma F baru tersedia dengan pilihan tiga warna, yakni Plutonium Flash, Eruption Red, dan Black on Black. Sebagai tambahan, Dogma F rim brake akan digunakan tim Ineos Grenadiers selama Tour de France 2021. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 47

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Pinarello. Ineos Grenadiers


COMMENTS