Cavendish Punya Kans Tampil di Tour de France 2021

Mark Cavendish (Deceuninck-QuickStep) kini menjadi perbincangan menyusul performa apiknya sepanjang 2021. Sprinter asal Inggris itu bahkan diisukan akan menggantikan tempat Sam Bennett di Tour de France, akhir Juni nanti.

Bennett sudah diplot menjadi andalan Deceuninck-QuickStep di Tour de France 2021. Pembalap asal Irlandia itu diharapkan dapat mempertahankan jersey hijau di Prancis. Hanya saja, rider 30 tahun ini mengalami cedera lutut. Kondisi tersebut membuatnya batal tampil Baloise Belgium Tour, pekan kemarin.

Sebagai gantinya, Deceuninck-QuickStep menunjuk Cavendish untuk tampil di Belgia. Hasilnya memuaskan. Cavendish memenangkan Etape 5, Minggu (13/6). Sepekan sebelum lomba ini, Cavendish finis kedua di Elfstedenronde. Ia cuma kalah di foto finis.

Rentetan hasil apik Cavendish musim ini membuatnya dijagokan menggantikan Bennett jika sang sprinter Irlandia harus absen di Prancis. Saat dikonfirmasi oleh awak media, Cavendish tidak mau banyak berkomentar. Ia memilih memantau perkembangan dalam dua pekan ke depan.

"Kami memiliki pemenang jersey hijau, yakni Sam Bennett. Saya pikir kita harus melihat progresnya sebelum memikirkan hal lain," bilang Cavendish seperti yang dilansir Cyclingnews.

Selama di Belgia, Cavendish bergabung dengan tim utama Deceuninck-QuickStep seperti Davide Ballerini, Iljo Keisse, Yves Lampaert, Michael Morkov, Zdenek Stybar, dan Remco Evenepoel. Evenepoel berhasil berhasil menjadi juara overall di Baloise Belgium Tour.

"Ini adalah tim yang sukses. Tim yang selalu diimpikan oleh setiap pembalap," sanjung mantan pembalap Team Sky (sekarang Ineos Grenadiers) itu.

Bos Deceuninck-QuickStep Patrick Lefevere mengungkapkan bahwa masalah lutut itu bisa membuat Bennett melewatkan Tour de France. Akan tetapi, mustahil untuk menggantikannya dengan Cavendish. Kecuali mereka menyodorkan perpanjangan kontrak untuk sang sprinter.

"Tidak adil menunjuk pembalap dengan kontrak minimum sebagai sprinter utama Deceuninck-QuickStep. Sebab semua tekanan dan ekspektasi akan menyertainya," tulis Lefevere dalam kolom mingguannya di Het Niewsblad.(mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 45

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS