Carapaz Juara Overall, Ineos Grenadiers Makin Dominan

Kemenangan yang didambakan Richard Carapaz (Ineos Grenadiers) akhirnya terwujud. Pembalap asal Ekuador ini menjadi juara overall Tour de Suisse 2021, Minggu (13/6) malam. Keberhasilan Carapaz menjadikan Ineos Grenadiers sebagai tim yang paling banyak memenangkan balapan etape di WorldTour musim ini.

Sejak merapat pada musim lalu, pembalap 28 tahun ini langsung memberikan dampak kepada skuad asal Inggris terdebut. Carapaz dikirim ke Tour de France dan menduduki posisi kedua di mountains classification. Kemudian ia diboyong ke La Vuelta a Espana 2020 dan menduduki peringkat kedua di klasemen overall.

Musim pun berganti. Carapaz diplot untuk tampil kembali di Tour de France. Sebelum berjuang di Prancis selama tiga pekan, ia mengikuti balapan pemanasan di Tour de Suisse 2021. Hasilnya tak mengecewakan. Ia berhasil menjadi pemenang di ajang ini.

"Saya sangat senang. Ini adalah kemenangan tim karena kami bekerja sama dengan sangat baik dalam sepekan ini dan kami mendapat hadiah kami. Kemenangan ini memberi banyak kepercayaan diri untuk tujuan kami yang akan datang," bilang Carapaz seusai balapan.

Mantan pembalap Movistar itu naik ke puncak General Classification (GC) setelah memenangkan Etape 5. Lalu ia berusaha mati-matian untuk mempertahankan posisinya hingga etape pemungkas. Caparaz finis kelima di Etape 8. Terpaut sembilan detik dari Gino Mader (Bahrain Victorious), sang pemenang tahapan ini.

"Saya datang ke sini, di balapan kandang saya, dengan ambisi bersaing di klasemen overall. Akan tetapi, saya telah mengacaukannya di Etape 3. Jadi saya sangat senang dengan kemenangan ini," bilang Mader.

Etape 8 digelar di medan sepanjang 159,5 kilometer di Andermatt. Peloton harus dua kali mendaki di tanjakan Kategori 1 di Oberalppass dan Lukmanierpass. Selain itu, para pembalap juga harus menaklukkan Gotthardpass. Itu adalah tanjakan hors categorie (HC) sepanjang 13,1 persen dengan kemiringan 6,7 persen.

Mader menyelesai lomba ini dengan catatan waktu 4 jam 6 menit 25 detik. Pembalap 24 tahun ini mengalahkan Michael Woods (Israel Start-Up Nation). Ini adalah kemenangan kedua untuknya. Sebelumnya, Mader menjadi yang tercepat di Etape 6 Giro d'Italia 2021.

"Ini adalah kemenangan besar. Cara saya merebut etape ini berbeda dengan kemenangan breakaway di Giro. Kini saya pikir saya bisa mengatakan sekarang bahwa 'I’ve arrived'," sebut Mader.

Sementara itu, kemenangan Carapaz mempertegas kuasa Ineos Grenadiers di balapan etape di WorldTour musim ini. Mereka telah memenangkan lima event, yakni Volta a Catalunya, Tour de Romandie, Giro d'Italia, Critérium du Dauphiné, dan Tour de Suisse.

Kelima kemenangan ini adalah modal untuk menatap Tour de France. Ineos Grenadiers akan berangkat ke ajang balap sepeda terbesar di dunia itu tanpa Egan Bernal. Sebagai gantinya, mereka mengandalkan Carapaz, Tao Geoghegan Hart, dan Geraint Thomas. (mainsepeda)

Hasil Etape 8 Tour de Suisse 2021 (Top Ten)
1. Gino Mäder (Swiss), Bahrain Victorious 4 jam 6 menit 25 detik
2. Michael Woods (Kanada), Israel Start-up Nation +0
3. Mattia Cattaneo (Italia), Deceuninck-QuickStep +9
4. Eddie Dunbar (Irlandia), Ineos Grenadiers +9
5. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +9
6. Rui Costa (Portugal), UAE Team Emirates +9
7. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Education-Nippo +9
8. Domenico Pozzovivo (Italia), Qhubeka Assos +9
9. Jakob Fuglsang (Denmark), Astana-Premier Tech +9
10. Max Schachmann (Jerman), Bora-Hansgrohe +21

Final General Classification (Top Ten)
1. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers 24 jam 44 menit 1 detik
2. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Education-Nippo +17
3. Jakob Fuglsang (Denmark), Astana-Premier Tech +1:15
4. Max Schachmann (Jerman), Bora-Hansgrohe +1:19
5. Michael Woods (Kanada), Israel Start-up Nation +2:55
6. Domenico Pozzovivo (Italia), Qhubeka Assos +3:16
7. Rui Costa (Portugal), UAE Team Emirates +3:43
8. Sam Oomen (Belanda) Jumbo-Visma +4:16
9. Mattia Cattaneo (Italia), Deceuninck-QuickStep +4:39
10. Esteban Chaves (Kolombia), Team BikeExchange +5:33

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 45

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS