Geraint Thomas Bikin Sonny Colbrelli Gigit Jari

Usaha keras Sonny Colbrelli (Bahrain Victorious) di kilometer terakhir tak cukup untuk menggagalkan kemenangan Geraint Thomas. Pembalap andalan Ineos Grenadiers itu menjadi yang terbaik di Etape 5 Criterium du Dauphine 2021, Kamis (3/6) malam.

Etape 5 merupakan tahapan yang membawa pembalap menaklukkan lima tanjakan. Berlangsung di rute sepanjang 175,4 kilometer, yang dimulai dari Saint-Chamond menuju Saint-Vallier. Jika menghitung jarak, ini adalah stage terpanjang kedua setelah Etape 1.

Setelah berbagai serangan tunggal pada awal balapan, lima pembalap berhasil melarikan diri dari peloton di 20 kilometer setelah start. Peringkat ketiga di General Classification (GC), Kasper Asgreen (Deceuninck-QuickStep) termasuk di kelompok breakaway ini.

Selang 50 kilometer, tiga nama bergabung dengan kelompok breakaway. Salah satunya adalah Jasper Stuyven (Trek-Segafredo). Kedelapan pembalap ini memimpin lomba di 100 kilometer terakhir. Lalu satu per satu ditangkap peloton hingga habis tak tersisa di 40 kilometer pemungkas.

Sven Erik Bystrom (UAE-Team Emirates) sempat menyerang sendirian setelah melalui tanjakan terakhir di Côte du Montrebut. Tapi aksinya berhasil digagalkan peloton. Lalu Thomas melancarkan manuver di 900 meter terakhir. Ia melaju sendirian dan tak terkejar hingga memasuki garis finis.

Sebenarnya Colbrelli berusaha keras untuk menggagalkan kemenangan pembalap asal Wales tersebut. Namun ia gagal memungkasi aksinya dengan kemenangan. "Saya tidak berpikir akan menang karena Colbrelli datang begitu cepat. Ia hampir saja menggagalkan kemenangan ini," ucapnya seusai balapan.

Thomas mengungkapkan bahwa serangannya di kilometer terakhir sebenarnya tidak direncanakan. Ketika diberi informasi bahwa ada celah baginya untuk menang, Thomas berusaha untuk mewujudkannya. "Terasa sangat menyenangkan mendapatkan kemenangan itu," bilang pemenang Tour de France 2018 itu.

Kemenangan etape perdananya musim ini membawa Thomas naik dua peringkat di GC. Kini ia naik ke peringkat enam. Thomas terpaut 14 detik dari pemegang yellow jersey, yakni Lukas Pöstlberger dari tim Bora-Hansgrohe. (mainsepeda)

Hasil Etape 5 Criterium du Dauphine 2021 (Top Ten)
1. Geraint Thomas (Wales), Ineos Grenadiers 4 jam 2 menit 15 detik
2. Sonny Colbrelli (Italia), Bahrain Victorious +0
3. Alex Aranburu (Spanyol), Astana-Premier Tech +0
4. Carlos Barbero (Spanyol), Qhubeka-Assos +0
5. Mads Würtz Schmidt (Denmark), Israel Start-Up Nation +0
6. Michael Valgren (Denmark), EF Education-Nippo +0
7. Patrick Konrad (Austria), Bora-Hansgrohe +0
8. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +0
9. Harry Sweeny (Australia), Lotto-Soudal +0
10. Franck Bonnamour (Prancis) B&B Hotels p/b KTM +0

General Classification usai 5 etape dari 8 etape (Top Ten)
1. Lukas Pöstlberger (Austria), Bora-Hansgrohe 16 jam 59 menit 22 detik
2. Alexey Lutsenko (Kazakhstan), Astana-Premier Tech +1
3. Kasper Asgreen (Denmark), Deceuninck-QuickStep +6
4. Ion Izagirre (Spanyol), Astana-Premier Tech +9
5. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +13
6. Geraint Thomas (Ingris), Ineos Grenadiers +14
7. Ilan Van Wilder (Belgia), Team DSM +14
8. Richie Porte (Australia), Ineos Grenadiers +16
9. Patrick Konrad (Austria), Bora-Hansgrohe +32
10. Ben O'Connor (Australia). AG2R Citroën +34

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 44

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto:


COMMENTS