Menang TT, Lutsenko Gagal Gusur Pöstlberger di GC

Astana-Premier Tech mendominasi balapan individual time trial di Etape 4 Criterium du Dauphine 2021. Tim asal Kazakhstan tersebut finis satu-dua pada Rabu (2/6) malam. Alexey Lutsenko menjadi pemenang tahapan ini dan Ion Izagirre menempati posisi kedua.

Memasuki paruh pertama balapan, Criterium du Dauphine 2021 menyajikan perlombaan time trial dari Firminy ke Roche-la-Molière. Panjang rutenya 16,4 kilometer. Ini adalah satu-satunya tahapan time trial di balapan delapan etape tersebut.

Lutsenko menjadi yang tercepat di panggung ini. Pembalap 28 tahun tersebut menyelesaikannya dalam waktu 21 menit 36 detik. Izagirre finis kedua dengan selisih delapan detik. Sedangkan Kasper Asgreen (Deceuninck-QuickStep) di posisi ketiga dengan gap sembilan detik.

"Saya melakukan yang maksimal hari ini dan saya sangat senang memenangkan etape ini. Kemenangan ini bukan kejutan besar bagi saya. Sebab saya berlatih intens dengan sepeda time trial saya di kamp ketinggian di Teide. Kami melakukan banyak latihan dengan sepeda time trial dan itu terbayarkan," kata Lutsenko.

Ini adalah kemenangan pertamanya di ajang Criterium du Dauphine. Sekaligus yang pertama sepanjang musim 2021 ini. Sebelumnya, Lutsenko dua kali memenangkan balapan time trial di kejuaraan nasional Kazakhstan pada 2015 dan 2019. Serta menang etape time trial di Tour of Denmark 2014.

"Medan naik-turun sepanjang 16 kilometer sangat cocok untuk saya. Saya melaju sedikit lebih lambat di enam kilometer pertama. Kemudian saya habis-habisan di enam kilometer terakhir. Saya melakukan 200 persen di kilometer final," tegasnya.

Kemenangan ini membuat Lutsenko naik sepuluh peringkat ke posisi di General Classification (GC). Terpaut satu detik di bawah pemilik yellow jersey Lukas Pöstlberger (Bora-Hansgrohe). Pembalap Austria ini finis kesembilan dengan selisih 23 detik.

"Hanya satu detik dari jersey kuning memang agak mengecewakan. Tapi Dauphiné belum selesai dan saya akan berjuang untuk mendapatkan jersey kuning. Mungkin besok atau mungkin lusa di pegunungan," tegasnya.

Sementara itu, kemenangan Lutsenko merupakan yang ketiga untuk tim Astana-Premier Tech sepanjang musim ini. Sebelumnya, skuad Kazakhstan tersebut mendapatkan dua victory di Tour of the Basque Country 2021 lewat Ion Izagirre dan Alex Aranburu. (mainsepeda)

Hasil Etape 4 Criterium du Dauphine 2021 (Top Ten)
1. Alexey Lutsenko (Kazakhstan), Astana-Premier Tech 21 menit 36 detik
2. Ion Izagirre (Spanyol), Astana-Premier Tech +8
3. Kasper Asgreen (Denmark), Deceuninck-QuickStep +9
4. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +12
5. Ilan Van Wilder (Belgia), Team DSM +13
6. Richie Porte (Australia). Ineos Grenadiers +15
7. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +17
8. Brandon McNulty (Amerika), UAE Team Emirates +21
9, Lukas Pöstlberger (Austria), Bora-Hansgrohe +23
10. Geraint Thomas (Inggris), Ineos Grenadiers +23

General Classification usai 4 etape dari 8 etape (Top Ten)
1. Lukas Pöstlberger (Austria), Bora-Hansgrohe 12 jam 57 menit 7 detik
2. Alexey Lutsenko (Kazakhstan), Astana-Premier Tech +1
3. Kasper Asgreen (Denmark), Deceuninck-QuickStep +9
4. Ion Izagirre (Spanyol), Astana-Premier Tech +9
5. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +13
6. Ilan Van Wilder (Belgia), Team DSM +14
7. Richie Porte (Australia), Ineos Grenadiers +16
8. Geraint Thomas (Ingris), Ineos Grenadiers +24
9. Patrick Konrad (Austria), Bora-Hansgrohe +32
10. Ben O'Connor (Australia). AG2R Citroën +34

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 44

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: ASO, Getty Images


COMMENTS