Caruso Menang, Bernal di Ambang Juara Overall

Giliran Damiano Caruso (Bahrain Victorious) yang meraih kemenangan di Giro d'Italia 2021. Rider urutan kedua di General Classification (GC) tersebut finis pertama di Etape 20, Sabtu (29/5) malam. Kemenangan ini memangkas jarak Caruso dengan Egan Bernal (Ineos Grenadiers) menjadi kurang dari dua menit.

Etape 20 merupakan balapan gunung terakhir di Giro musim ini. Panjang rutenya 164 kilometer. Pembalap melaju dari Verbania, lalu melalui tanjakan Kategori 1 di Passo San Bernardino, Passo dello Spluga, serta Alpe Motta. Tanjakan terakhir merupakan titik finis di tahapan ini.

Caruso merebut kemenangan di Etape 20, sekaligus victory perdana di Giro, setelah melajukan manuver solo di dua kilometer menjelang finis. Kemenangan ini adalah yang kedua dalam kariernya setelah podium di Circuito de Getxo-Memorial Hermanos Otxoa pada Agustus 2020.

"Saya pikir saya orang paling bahagia di dunia. Pada kilometer terakhir saya memikirkan seribu hal: kerja keras rekan satu tim saya dan semua pengorbanan saya selama beberapa tahun terakhir," bilang pembalap 33 tahun ini selepas lomba.

Caruso datang ke Giro d'Italia kelimanya bukan sebagai andalan utama. Bahrain Victorious sudah mempersiapkan Mikel Landa sebagai ujung tombak. Nahas, pembalap asal Spanyol tersebut mengalami kecelakaan di Etape 5 sehingga tidak bisa melanjutkan kiprahnya di Italia.

Bahrain Victorious makin merana setelah Matej Mohoric dan pemenang Etape 6 Gino Mader juga keluar dari Giro. Membuat tim ini hanya menyisakan lima nama, yakni Yukiya Arashiro, Jan Tratnik, Rafael Valls, Pello Bilbao, dan Caruso.

Pello Bilbao yang finis kelima di Giro tahun lalu, menjadi super-domestique untuk Caruso. Bilbao selalu berusaha menjaga Caruso tetap aman di baris terdepan. "Kami telah balapan dengan cara yang patut dicontoh. Terutama Pello Bilbao yang melakukan pekerjaan luar biasa. Perannya sangat penting hari ini," sanjung Caruso.

Kemenangan di Etape 20 memantapkan Caruso di posisi kedua di GC. Ia terpaut kurang dari dua menit di bawah Bernal. Pembalap 24 tahuh ini finis kedua di Etape 20 berkat kerja keras luar biasa dari kereta Ineos Grenadiers yang dimotori Daniel Martinez, Jhonatan Narváez, dan Jonathan Castroviejo.

"Saya sangat puas dengan hasilnya. Kami mengelola situasi dengan baik. Pada akhirnya kami memiliki dua menit keuntungan untuk balapan time trial besok. Kami berada dalam posisi yang baik," kata Bernal dalam laman resmi Ineos Grenadiers.

Giro d'Italia 2021 menyisakan satu etape pemungkas. Juara akan ditentukan dari hasil lomba individual time trial (ITT) di Milan, Minggu (30/5) malam. Balapan ITT ini akan dilakukan di sirkuit sepanjang 30,3 kilometer di Kota Milan. Filippo Ganna (Ineos Grenadiers) dijagokan memenangkan tahapan ini.

Jika melihat rekam jejaknya, Caruso sedikit lebih unggul dari Bernal. Dalam lomba time trial di Etape 1 Giro 2021, ia tujuh detik lebih cepat daripada pembalap asal Kolombia tersebut. Caruso lebih cepat tiga detik dari Bernal di balapan time trial di Etape 7 Tirreno-Adriatico 2021, pertengahan Maret lalu. (mainsepeda)

Hasil Etape 20 Giro d'Italia 2021 (Top Ten)
1. Damiano Caruso (Italia), Bahrain Victorious 4 jam 27 menit 53 detik
2. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +24
3. Daniel Martinez (Kolombia), Ineos Grenadiers +35
4. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +35
5. João Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +41
6. Simon Yates (Inggris), Team BikeExchange +51
7. Aleksandr Vlasov (Rusia) Astana-Premier Tech +1:13
8. Hugh Carthy (Inggris), EF Education-Nippo +1:29
9. Lorenzo Fortunato (Italia), EOLO-Kometa +2:07
10. Antonio Pedrero (Spanyol), Movistar +2:23

General Classification usai 20 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers 85 jam 41 menit 47 detik
2. Damiano Caruso (Italia), Bahrain Victorious +1:59
3. Simon Yates (Inggris), Team BikeExchange +3:23
4. Aleksandr Vlasov (Rusia) Astana-Premier Tech +7:07
5. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +7:48
6. Daniel Martinez (Kolombia), Ineos Grenadiers +7:56
5. Hugh Carthy (Inggris), EF Education-Nippo +8:22
8. João Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +8:50
9. Tobias Foss (Norwegia), Jumbo-Visma +12:39
10. Dan Martin (Irlandia), Israel Start-Up Nation +16:48

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 43

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: RCS Sport, Getty Images, Bettini Photo


COMMENTS