Yates Taklukkan Alpe di Mera, Bernal Tetap Pink

Simon Yates (Team BikeExchange) harus menunggu hingga tiga pekan untuk meraih kemenangan di Giro d'Italia 2021. Pembalap asal Inggris tersebut finis pertama di Etape 19, Jumat (28/5) malam. Yates mengungguli João Almeida (Deceuninck-QuickStep) dan Egan Bernal (Ineos Grenadiers).

Etape 19 membawa peloton melaju dari Abbiategrasso menuju Alpe di Mera (Valsesia). Total jaraknya 166 kilometer. Pembalap melewati tanjakan Kategori 4 di Alpe Agogna, lalu tanjakan Kategori 3 di Passo della Colma. Finisnya di Alpe di Mera, tanjakan Kategori 1 sepanjang 9,8 kilometer dengan kemiringan rata-rata 8,9 persen.

Balapan dibuka dengan upaya lima rider yang mencoba melarikan diri dari peloton tak lama setelah bendera start dikibarkan. Namun aksi mereka dengan cepat digagalkan peloton. Kemudian enam pembalap lainnya membentuk kelompok breakaway di 44 kilometer setelah start. Kali ini usaha mereka berhasil.

Keenam pembalap itu ialah Giovanni Aleotti (Bora- Hansgrohe), Mark Christian (EOLO-Kometa), Larry Warbasse (AG2R Citroën), Nicola Venchiarutti (Androni Giocattoli-Sidermec) serta dua rider Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux, yakni Quinten Hermans dan Andrea Pasqualon.

Mereka baru tercecer saat menaklukkan tanjakan terakhir di Alpe di Mera. Keenam pembalap ini akhirnya tertangkap di sisa 7,5 kilometer. Selanjutnya baris terdepan didominasi oleh penguasa sepuluh besar di General Classification (GC)

Selain Yates, Bernal, dan Almeida, ada Damiano Caruso (Bahrain Victorious), Aleksandr Vlasov (Astana-Premier Tech), Hugh Carthy (EF Education-Nippo), Dan Martin (Israel Start-Up Nation), hingga Daniel Martinez (Ineos Grenadiers).

Simon Yates yang melakukan manuver solo sejak enam kilometer pemungkas, berhasil finis pertama di Alpe di Mera. Pembalap 28 tahun ini mencatatkan waktu 4 jam 2 menit 55 detik. Ini merupakan victory keduanya musim ini. Sebelumnya, Yates naik podium di Etape 2 Tour of the Alps 2021.

"Saya sangat senang! Saya benar-benar ingin memenangkan satu etape di Giro. Saya tidak yakin di mana posisi di GC, tapi saya sangat senang dengan kemenangan ini," bilang Yates seusai lomba.

Meski finis ketiga, posisi Egan Bernal di puncak GC belum tergoyahkan. Pembalap asal Kolombia tersebut unggul dua menit dari dua pesaing terdekatnya, yakni Caruso dan Yates.

"Saya melakukan pendakian dengan sangat baik. Saya sangat senang dengan pendakian saya. Simon adalah yang terbaik hari ini. Tapi saya sangat senang dengan kondisi saya," ucap Bernal.

Selanjutnya peloton akan menghadapi tahapan gunung terakhir di Giro 2021. Ya, Etape 20 membawa para rider menaklukkan tiga tanjakan Kategori 1 di Passo San Bernardino, Passo dello Spluga, dan Alpe Motta. Tanjakan terakhir merupakan titik finis di Etape 20. Balapan sejauh 164 kilometer ini akan dimulai dari Verbania. (mainsepeda)

Hasil Etape 19 Giro d'Italia 2021 (Top Ten)
1. Simon Yates (Inggris), Team BikeExchange 4 jam 2 menit 55 detik
2. João Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +11
3. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +28
4. Damiano Caruso (Italia), Bahrain Victorious +32
5. Aleksandr Vlasov (Rusia) Astana-Premier Tech +32
6. Dan Martin (Irlandia), Israel Start-Up Nation +42
7. Daniel Martinez (Kolombia), Ineos Grenadiers +49
8. Koen Bouman (Belanda), Jumbo-Visma +1:25
9. Tobias Foss (Norwegia), Jumbo-Visma +1:25
10. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +1:25

General Classification usai 19 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers 81 jam 13 menit 27 detik
2. Damiano Caruso (Italia), Bahrain Victorious +2:29
3. Simon Yates (Inggris), Team BikeExchange +2:48
4. Aleksandr Vlasov (Rusia) Astana-Premier Tech +6:11
5. Hugh Carthy (Inggris), EF Education-Nippo +7:10
6. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +7:32
7. Daniel Martinez (Kolombia), Ineos Grenadiers +7:42
8. João Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +8:26
9. Tobias Foss (Norwegia), Jumbo-Visma +10:19
10. Dan Martin (Irlandia), Israel Start-Up Nation +13:55

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 43

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: RCS Sport, Getty Images


COMMENTS