Bernal Menang dan Pertahankan Maglia Rosa

Egan Bernal Gomez (Ineos Grenadiers) menutup pekan kedua Giro d'Italia dengan kemenangan fantastis. Bernal naik podium di Etape 16, Senin (24/5) malam. Kemenangan ini membuat pembalap asal Kolombia ini makin tidak terkejar di puncak General Classification (GC).

Para kandidat juara overall seharusnya melalui Dolomites di Etape 16 yang meliputi Passo Fedaia, Passo Pordoi, dan Passo Giau, sebelum finis di Cortina d'Ampezzo. Akan tetapi, cuaca ekstrem membuat penyelenggara Giro memangkas jarak dari 212 kilometer menjadi 153 kilometer.

Profil rute baru Etape 16 Giro d'Italia 2021

Selain itu, peloton batal melewati Passo Fedaia dan Passo Pordoi. Sehingga hanya menyisakan La Crosetta dan Passo Giau dalam perlombaan. Pemotongan rute hingga 59 kilometer ini justru membuat guncangan hebat di GC. Melempar Remco Evenepoel (Deceuninck-QuickStep) dari persaingan memperebutkan maglia rosa (pink jersey).

Hujan menyambut para pembalap saat lomba dimulai dari Sacile. Peloton mulai terpecah di 15 kilometer setelah start ketika 24 pembalap meningkatkan kecepatan, membentuk grup kecil, dan memimpin balapan. João Almeida (Deceuninck-QuickStep) dan Vincenzo Nibali (Trek Segafredo) berada di dalamnya.

Evenepoel kehilangan gaungnya sebelum peloton menanjak di Passo Giau, sekitar 34 kilometer menjelang finis. Saat Evenepoel tercecer, Bernal menanjak dengan sempurna. Ia menjadi pembalap pertama yang mencapai puncak Passo Giau.

Lalu Bernal melakukan serangan solo di sisa 17 kilometer. Ia tak terkejar hingga finis di Cortina d'Ampezzo dengan catatan waktu 4 jam 22 menit 41 detik. Romain Bardet (Team DSM) finis kedua dan Damiano Caruso (Bahrain Victorious) di posisi ketiga.

"Ini adalah kemenangan besar. Jika Anda menang dengan maglia rosa, itu terasa lebih istimewa. Jadi saya ingin menunjukkannya dan menghormati jersey itu," kata Bernal seusai balapan.

Ini merupakan kemenangan kedua Bernal di dalam debutnya di Giro. Sebelumnya, pemenang Tour de France 2019 ini tampil hebat di Etape 9. "Saya ingin melakukan sesuatu yang istimewa. Saya ingin menunjukkan bahwa saya telah kembali dalam permainan," imbuh rider 24 tahun ini.

Bernal mengakui bahwa Etape 16 adalah race yang sulit. Apalagi dengan cuaca yang kurang bersahabat. Menurutnya, hanya pembalap dengan mentalitas terkuat lah yang bisa menyelesaikan tahapan berat ini.

"Saya memiliki mentalitas pada awalnya, dan saya mempertahankannya. Itu adalah hari untuk menderita, dan kami berhasil menjadi pemenangnya," tegas Bernal.

Hasil Etape 16 makin memantapkan Bernal sebagai pemegang maglia rosa. Sekaligus mengacak komposisi rider di sepuluh besar GC. Bernal tetap di puncak dengan Damiano Caruso (Bahrain Victorious) membuntuti di peringkat kedua. Kedua pembalap terpaut gap lebih dari dua menit.

Sedangkan Evenepoel yang finis di posisi 58, melorot 12 peringkat ke ranking 19. Rekannya di tim Deceuninck-QuickStep, João Almeida masuk ke sepuluh besar GC setelah finis keenam di Etape 16. Giro memasuki masa jeda selama sehari. Peloton akan bergerak lagi pada Rabu (26/5) besok. (mainsepeda)

Hasil Etape 16 Giro d'Italia 2021 (Top Ten)
1. Egan Bernal Gomez (Kolombia), Ineos Grenadiers 4 jam 22 menit 41 detik
2. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +27
3. Damiano Caruso (Italia), Bahrain Victorious +27
4. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo +1:18
5. Hugh Carthy (Inggris), EF Education-Nippo +1:19
6. João Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +1:21
7. Aleksandr Vlasov (Rusia), Astana-Premier Tech +2:11
8. Gorka Izagirre (Spanol), Astana-Premier Tech +2:31
9. Davide Formolo (Italia), UAE Team Emirates +2:33
10. Tobias Foss (Norwegia), Jumbo-Visma +2:33

General Classification usai 16 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers 66 jam 36 menit 4 detik
2. Damiano Caruso (Italia), Bahrain Victorious +2:24
3. Hugh Carthy (Inggris), EF Education-Nippo +3:40
4. Aleksandr Vlasov (Rusia) Astana-Premier Tech +4:18
5. Simon Yates (Inggris), Team BikeExchange +4:20
6. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo +4:31
7. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +5:02
8. Daniel Martinez (Kolombia), Ineos Grenadiers +7:17
9. Tobias Foss (Norwegia), Jumbo-Visma +8:20
10. João Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +10:01

Foto: RCS Sport


COMMENTS