Lafay Menang, Ewan Mundur, Valter Tetap Pink

Satu lagi pejuang breakaway yang berhasil menuntaskan kerjanya dengan kemenangan. Namanya Victor Lafay. Pembalap tim Cofidis tersebut finis pertama di Etape 8, Sabtu (15/5) malam. Ini adalah kemenangan terbesar dalam karier rider asal Prancis itu. Serta untuk tim Cofidis pada musim ini.

Tahapan ini dimulai dari Foggia menuju Guardia Sanframondi. Total jaraknya 170 kilometer. Bocca della Selva menjadi sajian utamanya. Itu adalah tanjakan Kategori 2 sepanjang 19,6 kilometer dengan gradien 4,5 persen. Finisnya pun nanjak ke Guardia Sanframondi yang memiliki kemiringan 6,7 persen.

Sejak bendera start dikibarkan, ada banyak upaya breakaway di peloton. Tapi usaha itu tak berlangsung lama. Sebab sekelompok pembalap yang berusaha melarikan diri itu, selalu berhasil ditangkap oleh rombongan besar.
Caleb Ewan (Lotto Soudal) membuat langkah mengejutkan di tengah lomba. Sprinter Australia tersebut mundur saat balapan tersisa 127 kilometer. "Sayangnya Caleb Ewan harus meninggalkan Giro karena sakit di lututnya," tulis akun media sosial tim Lotto Soudal.

Keputusan Ewan mundur dari Giro rupanya sesuai diprediksi. Setelah memenangkan Etape 7, ia mengaku bahwa fokusnya sudah beralih ke Tour de France. Sekarang Ewan punya waktu enam pekan sebelum start di Brest pada 26 Juni nanti.

Lomba tersisa 100 kilometer ketika sembilan pembalap melarikan diri dari rombongan besar. Salah satunya ialah Lafay. Kali ini mereka tak terkejar. Kesembilan pembalap itu terus bersama hingga nanjak untuk menggapai puncak Guardia Sanframondi.

Lafay yang menyerang di sisa tiga kilometer, akhirnya sukses memenangkan etape ini. Ia menyelesaikannya dalam catatan waktu 4 jam 6 menit 47 detik. Francesco Gavazzi (Eolo-Kometa) dan Nikias Arndt (Team DSM) finis kedua dan ketiga dengan selisih lebih dari setengah menit.

Lafay berhasil memberi kemenangan pertama Cofidis di Giro dalam sebelas tahun terakhir. "Ini adalah hari yang berat. Untuk melakukan breakaway adalah perkara yang sulit. Tapi ketika sudah menjauh, jaraknya bisa tujuh menit. Itu memberi kami waktu untuk pulih," bilang rider 25 tahun ini.

"Ketika mulai mendaki menuju finis, saya mengawali Nelson Oliveira karena ia yang terbaik di grup kami. Namun saya percaya dengan kemampuan kaki saya. Jadi saya menyerang di sisa tiga kilometer. Saya tidak percaya saya baru saja menang!" ucapnya bangga.

Sementara itu, Attila Valter (Groupama-FDJ) masih belum beranjak dari puncak General Classification (GC). Pria asal Hungaria tersebut ditempel Remco Evenepoel (Deceuninck-QuickStep) dan Egan Bernal (Ineos Grenadiers).

Berikutnya, Etape 9 Giro d'Italia 2021 akan menghadirkan medan sepanjang 158 kilometer. Pembalap melaju dari Castel di Sangro menuju Campo Felice (Rocca di Cambio). Mereka harus menaklukkan dua tanjakan Kategori 2 di Passo Godi dan Ovindoli. Lalu nanjak lagi menuju Campo Felice dengan kemiringan 5,8 persen. (mainsepeda)

Hasil Etape 8 Giro d'Italia 2021 (Top Ten)
1. Victor Lafay (Prancis), Cofidis 4 jam 6 menit 47 detik
2. Francesco Gavazzi (Italia), Eolo-Kometa +36
3. Nikias Arndt (Jerman), Team DSM +37
4. Nelson Oliveira (Portugal), Movistar +41
5. Giovanni Carboni (Italia), Bardiani CSF Faizane +44
6. Kobe Goossens (Belgia), Lotto Soudal +58
7. Victor Campenaerts (Belgia), Qhubeka Assos +1:00
8. Alexis Gougeard (Prancis), AG2R Citroën +1:54
9. Fernando Gaviria (Kolombia), UAE Team Emirates +3:04
10. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +4:48

General Classification usai 8 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Attila Valter (Hungaria), Groupama-FDJ 31 jam 10 menit 53 detik
2. Remco Evenepoel (Belgia), Deceuninck-QuickStep +11
3. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +16
4. Aleksandr Vlasov (Rusia), Astana-Premier Tech +24
5. Hugh Carthy (Inggris), EF Education-Nippo +38
6. Damiano Caruso (Italia), Bahrain-Victorious +39
7. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo +41
8. Dan Martin (Irlandia), Israel Start-Up Nation +47
9. Simon Yates (Inggris), Team BikeExchange +49
10. Louis Vervaeke (Belgia), Alpecin-Fenix +50

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 42

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: RCS Sport, Groupama-FDJ


COMMENTS