Menang lagi, Ewan Rebut Maglia Ciclamino

Caleb Ewan (Lotto Soudal) menang lagi. Pembalap asal Australia tersebut mengamankan podium pertama di Etape 7 Giro d'Italia 2021, Jumat (14/5) malam. Kemenangan tersebut membuat Ewan naik ke puncak points classification. Ewan bakal menggunakan maglia ciclamino saat start di Etape 8, Sabtu (15/5).

Ewan menjadi pembalap yang sangat bersinar di pekan pertama Giro tahun ini. Ia menjadi kolektor kemenangan terbanyak di Giro tahun ini. Pembalap 26 tahun ini adalah pemenang di Etape 5. Selang dua hari, Ewan menjadi yang tercepat di Etape 7.

"Saya memiliki semua orang saya di sana. Mereka melakukan pekerjaan yang sangat bagus." kata Ewan seusai balapan. "Saya harus melakukannya secara taktis. Saya tidak ingin berakselerasi super keras di awal. Jadi saat saya memiliki celah di sisa 200 meter, saya berlari dan benar-benar berakselerasi," imbuhnya.

Caleb Ewan akan mengenakan maglia ciclamino di Etape 8

Etape ini memang cenderung flat. Pembalap berangkat dari Notaresco menuju Termoli. Panjang medannya 181 kilometer. Meski didominasi rute datar, terdapat tanjakan tak curam di Chieti. Letaknya di sepertiga balapan. Panjangnya 3,8 kilometer dengan gradiem 6,8 persen.

"Hal terpenting bagi saya adalah pendakian awal. Jika saya bisa melaju ke sana, lalu mendaki dengan baik, saya bisa menghemat banyak energi. Jika saya harus datang dari jauh di belakang, itu akan menghabiskan banyak tenaga untuk sprint saya. Lagipula itu adalah penyelesaian yang sangat sulit," jabar Ewan.

Selain meraih kemenangan keduanya di Giro tahun ini, Ewan telah total mengoleksi lima kemenangan sepanjang partisipasi di balapan terakbar di dunia tersesebut. Kemenangan ini adalah yang ketiga baginya musim ini. Ewan lebih dulu menang di Etape 7 UAE Tour 2021 pada akhir Februari kemarin.

Yang tak kalah hebat, hasil di Etape 7 membuat Ewan merebut maglia ciclamino sebagai leader di Points Classification. Ia merebutnya dari Giacomo Nizzolo (Qhubeka Assos). Sementara Peter Sagan (Bora-Hansgrohe) yang mengalami masalah saat sprint finis, kini berada di peringkat enam di tabel Points Classification.

"Saya berharap ini terus berlanjut di masa depan. Saya selalu termotivasi untuk mendapatkan sebanyak mungkin kemenangan etape yang saya bisa," pintanya.

Meski posisi pembalap di Points Classification berubah, hal serupa tak terjadi di General Classification (GC). Attila Valter (Groupama-FDJ) belum tergoyahkan di puncak klasemen. Ia akan mengenakan jersey pink Etape 8 besok (15/5). (mainsepeda)

Hasil Etape 7 Giro d'Italia 2021 (Top Ten)
1. Caleb Ewan (Australia), Lotto Soudal 4 jam 42 menit 12 detik
2. Davide Cimolai (Italia), Israel Start-up Nation +0
3. Tim Merlier (Belgia), Alpecin-Fenix +0
4. Matteo Moschetti (Italia), Trek-Segafredo +0
5. Andrea Pasqualon (Italia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +0
6. Fernando Gaviria (Kolombia), UAE Team Emirates +0
7. Dylan Groenewegen (Belanda), Jumbo-Visma +0
8. Max Kanter (Jerman), Team DSM +0
9. Filippo Fiorelli (Italia), Bardiani CSF Faizane +0
10. Juan Sebastian Molano (Kolombia) UAE Team Emirates +0

General Classification usai 7 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Attila Valter (Hungaria), Groupama-FDJ 26 jam 59 menit 18 detik
2. Remco Evenepoel (Belgia), Deceuninck-QuickStep +11
3. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +16
4. Aleksandr Vlasov (Rusia), Astana-Premier Tech +24
5. Louis Vervaeke (Belgia), Alpecin-Fenix +25
6. Hugh Carthy (Inggris), EF Education-Nippo +38
7. Damiano Caruso (Italia), Bahrain-Victorious +39
8. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo +41
9. Dan Martin (Irlandia), Israel Start-Up Nation +47
10. Simon Yates (Inggris), Team BikeExchange +49

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 42

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: RCS Sport, Getty Images


COMMENTS