Caleb Ewan Menang Sprint, Mikel Landa Out

Giro d'Italia 2021 selalu memunculkan pemenang baru di masing-masing etape. Kali ini giliran Caleb Ewan (Lotto Soudal) yang naik podium di Etape 5, Rabu (12/5) malam. Pembalap Australia ini mengalahkan Giacomo Nizzolo (Qhubeka Assos) dan Elia Viviani (Cofidis) dalam adu sprint di Cattolica.

Rute di Etape 5 ini benar-benar flat. Para pembalap melaju dari Modena menuju Cattolica. Panjang rutenya 177 kilometer. Balapan sempat dikuasai oleh dua wakil Italia, yakni Filippo Tagliani (Androni Giocattoli-Sidermec) dan Umberto Marengo (Bardiani-CSF-Faizanè). Mereka baru tertangkap peloton di sisa 100 kilometer.

Giliran Simon Pellaud (Androni Giocattoli-Sidermec) dan Davide Gabburo (Bardiani-CSF-Faizanè) yang melarikan diri di 70 kilometer terakhir. Keduanya baru disergap rombongan besar ketika balapan tersisa tiga kilometer. Kemudian tim-tim pun mulai mengatur kereta cepatnya.

Penguasa maglia rosa, Alessandro De Marchi dikawal tim Israel Start-up Nation

Pembalap Bora-Hansgrohe Daniel Oss tampak memimpin grup terdepan di Cattolica. Di belakangnya ada Peter Sagan beserta sprinter lainnya, termasuk Ewan. Saat Oss mengurangi speed-nya, giliran Nizzolo yang melaju terdepan.

Lalu muncul Ewan dengan kecepatan tinggi dari sisi kiri Nizzolo. Sprinter 26 tahun ini berhasil menyalip sang juara Eropa di beberapa meter terakhir. Ewan menuntaskan Etape 5 dengan catatan waktu 4 jam 7 menit 1 detik. Nizolo di posisi kedua disusul Viviani dan Sagan.

Selebrasi Caleb Ewan setelah memenangkan Etape 5 Giro d'Italia 2021

Ini adalah kemenangan keempat Ewan di Italia. Sebelumnya, eks pembalap Mitchelton-Scott tersebut merebut kemenangan panggung di Giro 2017 dan 2019. "Sungguh melegakan karena tujuan saya tahun ini adalah memenangkan setidaknya satu etape di ketiga Grand Tour," katanya seusai lomba.

Sebelumnya, Ewan berhasil memenangkan Etape 7 di UAE Tour 2021 pada akhri Februari lalu. "Ada tekanan pada saya dan tim untuk melakukan pekerjaan dengan baik hari ini. Sekarang saya telah memenangkan etape. Saya pikir saya akan menjadi lebih lapar saat ini," imbuhnya.

Sementara itu, Etape 5 diwarnai dengan sejumlah insiden. Kecelakaan pertama dialami Pavel Sivakov. Anggota Ineos Grenadiers ini mencium aspal di sisa 16 kilometer. Kemudian Kobe Goossens (Lotto Soudal) dan Filippo Fiorelli (Bardiani-CSF-Faizanè) tersungkur saat balapan tersisa sepuluh kilometer.

"Itu kecelakaan yang buruk. Kabar baiknya adalah Pavel menyelesaikan lomba. Ia kesakitan dan merasa tulang selangkanya patah. Kami akan periksa dan kami berharap tulangnya tidak retak," jelas Directeur Sportif Ineos Grenadiers Matteo Tosatto.

Mikel Landa dilarikan ke rumah sakit seusai kecelakaan di Etape 5

Kecelakaan paling tragis dialami jagoan tim Bahrain Victorious. Pembalap asal Spanyol ini tampak terkapar di aspal bersama pemenang Etape 4 Joe Dombrowski (UAE-Team Emirates) dan Francois Bidard (AG2R Citroën). Sayang Landa tak bisa melanjutkan lomba. Ia akhirnya dikirim ke rumah sakit dengan ambulans.

"Mikel kesakitan. Kami tidak yakin apakah ia telah mematahkan tulang selangka atau pergelangan tangannya," kata Direktur Olahraga Bahrain Victorious Franco Pellizotti seperti yang dilansir Cyclingnews.

Kehilangan Landa menjadi kiamat kecil untuk Bahrain Victorious. Sebab mereka mengharapkan Landa bisa juara di Giro musim ini. "Mikel adalah pemimpin tim kami. Ia di sini untuk mencoba memenangkan Giro. Kami akan terus berlomba dan kami masih memiliki Pello Bilbao dan Damiano Caruso," terangnya. (mainsepeda)

Hasil Etape 5 Giro d'Italia 2021 (Top Ten)
1. Caleb Ewan (Australia), Lotto Soudal 4 jam 7 menit 1 detik
2. Giacomo Nizzolo (Italia), Qhubeka Assos +0
3. Elia Viviani (Italia), Cofidis +0
4. Peter Sagan (Slovakia), Bora-Hansgrohe +0
5. Fernando Gaviria (Kolombia), UAE Team Emirates +0
6. Matteo Moschetti (Italia), Trek-Segafredo +0
7. Andrea Pasqualon (Italia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +0
8. Dylan Groenewegen (Belanda), Jumbo-Visma +0
9. Manuel Belletti (Italia), Eolo-Kometa +0
10. Davide Cimolai (Italia), Israel Start-up Nation +0

General Classification usai 5 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Alessandro De Marchi (Italia), Israel Start-up Nation 17 jam 57 menit 45 detik
2. Louis Vervaeke (Belgia), Alpecin-Fenix +42
3. Nelson Oliveira (Portugal), Movistar +48
4. Attila Valter (Hungaria), Groupama-FDJ +1:00
5. Nicolas Edet (Prancis), Cofidis +1:15
6. Aleksandr Vlasov (Rusia), Astana-Premier Tech +1:24
7. Remco Evenepoel (Belgia), Deceuninck-QuickStep +1:28
8. Alberto Bettiol (Italia), EF Education-Nippo +1:37
9. Hugh Carthy (Inggris), EF Education-Nippo +1:38
10. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +1:39

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 42

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images, RCS Sport


COMMENTS