ISSI Jatim Bikin Kejurprov di Lumajang dan Magetan
by - April 26, 2021
ISSI Jatim Bikin Kejurprov di Lumajang dan Magetan
by MainSepeda - April 26, 2021

Kompetisi balap sepeda di Jawa Timur (Jatim) segera bergeliat lagi. Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) telah mematangkan rencana untuk menggelar Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) pada Juni-Juli mendatang. Lokasinya di dua tempat, Lumajang dan Magetan.

Keputusan untuk menggelar Kejurprov tertuang dalam hasil rapat koordinasi ISSI Jatim di Lumajang, akhir pekan kemarin. Para anggota ISSI Jatim sepakat bahwa disiplin road race dan BMX akan digelar di Lumajang. Road race akan melombakan dua nomor, yakni Individual Time Trial (ITT) putra dan putri, serta Individual Road Race (IRR) putra-putri.

Balapan ITT akan dilangsungkan di jalur lintas selatan di Lumajang. Menurut laporan tim survei, jalannya sangat bagus dan mulus. Sangat ccok untuk menjadi arena balap ITT. Rencananya, balapan ITT putra akan melibas rute sepanjang 20 kilometer. Sedangkan putri menyelesaikan lintasan sepanjang 10 kilometer.

Sementara road race akan start dari dalam kota. Kemudian mereka bakal mengitari sirkuit sepanjang 9 kilometer di Dawuhan. Finisnya nanjak 10 kilometer ke Gucialit. Elevasinya sekitar 1.800 meter. Rencananya, pembalap putra akan menempuh jalur sepanjang 70 kilometer. Sementara pembalap putri menuntaskan rute 50 kilometer.

Selain menjadi host untuk didisplin road race, Lumajang juga akan menggelar lomba disiplin BMX. Peserta bakal menjajal lintasan BMX anyar yang terletak di kawasan Pemandian Alam Selokambang. Sedangkan disiplin MTB akan dilangsungkan di Magetan. Ada dua nomor yang dilombakan di MTB, yakni downhill dan cross country (XC).

Rencananya, Kejurprov road race dan BMX akan dilangsungkan pada Akhir Juni mendatang. Sedangkan balapan downhill dan XC digelar satu minggu setelahnya, sekitar awal Juli. ISSI Jatim memastikan Kejurprov nanti akan berlangsung tanpa penonton. Mereka tengah mengupayakan tes untuk peserta, staf tim, serta seluruh panitia yang terlibat.

"Atlet balap sepeda dari Jawa Timur sangat mewarnai ajang balap sepeda di nasional maupun internasional. Terpilihnya Lumajang dengan venue BMX barunya diharapkan mampu menjadi gudangnya atlet sekaligus meningkatkan prestasi balap sepeda yang ada," harap Ketua Pengprov ISSI Jatim Wahid Wahyudi dalam sambutannya.

Kehadiran Kejurprov ini sudah dinantikan anggota ISSI Jatim. Sebab, event ini adalah pemanasan menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII yang akan berlangsung tahun depan. Apalagi nomor yang dilombakan pun hampir sama dengan Porprov. Bedanya, Kejurprov bisa diikuti atlet dari kelas pra youth, youth, elite.

"Kami rencana ikut nomor road race dan ITT," bilang Rasditya Permana, pelatih tim balap sepeda Surabaya. Pria yang akrab disapa Didit ini menjelaskan, Surabaya tidak akan turun di nomor BMX, downhill, dan XC karena tidak memiliki atlet untuk ketiga nomor ini.

Untuk kelas elite, Surabaya bakal menurunkan pembalap KFC Cycling Team Muhammad Abdurrahman dan Nurul Izzah. Izzah adalah juara women elite di Herbana Bromo KOM Challenge 2020. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 41

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Muhammad Sidikin Ali


COMMENTS