Bravo, Cavendish Hat-trick Menang di Tour of Turkey
by - April 14, 2021
Bravo, Cavendish Hat-trick Menang di Tour of Turkey
by MainSepeda - April 14, 2021

Mark Cavendish mengejutkan dunia dengan kemenangannya di Etape 2 Tour of Turkey 2021. Pasalnya, inilah kemenangan perdananya dalam tiga tahun. Sehari kemudian, Cavendish bikin kejutan lagi dengan menang di Etape 3. Pada Rabu (14/4) malam ini, sprinter Inggris itu naik podium lagi di Etape 4.

Tahapan ini memang santapan empuk bagi spinter. Lomba imulai dari Alanya menuju Kemer. Total jaraknya 184 kilometer. Cavendish melaju sangat kencang di 100 meter terakhir. Ia lagi-lagi mengalahkan pembalap 23 tahun asal Belgia Jasper Philipsen (Alpecin-Fenix).

Cavendish mencatat rekor baru. Ini adalah hat-trick menang pertamanya dalam delapan tahun. Selain itu, ia menjadi pembalap ketiga yang mencatat tiga kemenangan etape beruntun dalam empat tahun terakhir. Ia menyusul Arnaud Demare (Tour Poitou-Charentes 2018) dan Sam Bennett (BinckBank Tour 2019).

"Sebenarnya tidak ada kaitannya tentang berapa banyak kemenangan berturut-turut. Yang jelas senang bisa menang lagi," kata Cavendish. "Lebih menyenangkan bahwa tim percaya kepada saya," imbuhnya seusai pentas.

Etape 4 diwarnai dengan kecelakaan hebat di 150 meter menuju finis. Belum diketahui apakah ada cedera serius di antara para pembalap yang jatuh. Namun pembalap tim Alpecin-Fenix ​​dan Eolo Kometa dilaporkan dibawa pergi dengan ambulans.

Cavendish tak mau panjang lebar tentang kemenangan ketiganya ini. Ia justru salut dengan rekan setimnya, Fabio Jakobsen. Pembalap asal Belanda inilah yang memimpin tim Deceuninck-QuickStep di lima kilometer terakhir. Beruntung Jakobsen selamat dari kecelakaan menjelang finis itu.

"Hal yang paling istimewa tentang hari ini adalah melihat sejauh mana Fabio mencapai tahap tersebut. Saya tahu itu tidak baik baginya untuk melihat kecelakaan itu. Setelah finis ia sedikit terguncang. Tapi melihat performanya dalam sprint menjadi kebanggaan tersendiri bagiku," terang.

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 40

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS