Balapan Emosional Fabio Jakobsen
by - April 12, 2021
Balapan Emosional Fabio Jakobsen
by MainSepeda - April 12, 2021

Masih ingat dengan Fabio Jakobsen? Pembalap Belanda yang mengalami kecelakaan hebat di Tour de Pologne tahun lalu? Setelah beristirahat selama hampir sembilan bulan, rider tim Deceuninck-QuickStep tersebut akhirnya beraksi kembali. Ia tampil di Tour of Turkey yang dimulai Minggu (11/4) malam.

Kecelakaan itu sangat mengerikan. Jakobsen beradu siku dengan Dylan Groenewegen (Jumbo-Visma) saat sprint di Etape 1 Tour de Pologne, Agustus 2020. Jakobsen jatuh, terpental, dan membentur pagar pembatas. Ia mengalami koma dan harus naik ke meja operasi.

Butuh waktu lama bagi Jakobsen untuk bangkit dari insiden yang hampir merenggut nyawanya itu. Setelah berbulan-bulan menunggu, momen comeback-nya terjadi di Turki. Pembalap 24 tahun itu mengungkapkan perasaannya yang campur aduk.

"Ketika saya mengenakan jersey tim, ada perasaan khusus yang sulit diungkapkan dengan kata-kata. Saya suka balap sepeda dan saya sangat merindukannya. Itulah mengapa saya sangat senang berada di balapan ini," ungkap Jakobsen dalam laman resmi tim.

Debutnya memang belum istimewa. Ia hanya finis di posisi ke-147 di Etape 1 Tour of Turkey di Konya. Meski begitu, poin utamanya bukan menceri kemenangan. Jakobsen sadar, untuk menjadi kuat seperti sedia kala, ia harus menjalani proses yang sangat panjang.

"Saya harus mengakui bahwa pada awalnya, ketika mereka pergi ke kanan dan ke kiri dan kelompok itu harus mengerem beberapa kali, saya sedikit takut. Tapi setelah itu semuanya baik-baik saja," akunya.

Jakobsen juga happy sekaligus terharu karena pembalap lain begitu antusias melihatnya kembali berlomba. Seusai balapan, ia mendaptkan banyak pesan dukungan di telepon selulernya. Semua bahagia dan berdoa untuk kesuksesannya.

"Sungguh emosional melihat semua curahan dukungan ini pada hari istimewa ini," ungkap Jakobsen. "Saya berharap dapat lebih membantu rekan tim saya di etape mendatang dan menikmati setiap momen yang saya habiskan di sini," inginnya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 39

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Cor Vos


COMMENTS