Honoré Menyempurnakan Dominasi Deceuninck-QuickStep

Deceuninck-QuickStep mendominasi Etape 5 Tour of the Basque Country 2021. Tim asal Belgia itu membawa Mikkel Honoré dan Josef Cerny finis pertama dan kedua di tahapan ini. Sementara Brandon McNulty (UAE Team Emirates) masih belum beranjak dari puncak General Classification (GC).

Ceritanya sama seperti dua pembalap Ineos Grenadiers Michal Kwiatkowski dan Richard Carapaz yang finis bersamaan di Etape 18 Tour de France tahun lalu. Honoré memenangkan Etape 5 setelah finis bergandengan tangan dengan Cerny. Mereka bermanuver di lima kilometer untuk mengamankan podium utama.

Etape 5 dimulai dari Hondarribia menuju Ondarroa. Total jaraknya 160,2 kilometer. Tahapan ini seharusnya menjadi peluang bagi para pelari cepat untuk mencuri kemenangan di Tour of the Basque Country 2021. Sebab hanya ada tiga tanjakan Kategori 3 di lomba ini.

Sekitar sepuluh kilometer setelah balapan dimulai, empat pembalap coba melakukan breakaway. Selain Cerny dan Honoré, ada pula Julien Bernard (Trek-Segafredo) dan Ide Schelling (Bora-Hansgrohe). Andrey Amador (Ineos Grenadiers) dan Andreas Leknessund (Team DSM) juga turut gabung di grup kecil ini.

Amador, Schelling, dan Leknessund tertangkap peloton di 30 kilometer terakhir. Menyisakan tiga pembalap di posisi terdepan. Mereka tidak tersentuh hingga mendekati finis. Cerny dan Honoré menyerang, meninggalkan Bernard di lima kilometer terakhir. Bernard yang berasal dari Prancis, dipaksa puas di posisi ketiga.

"Kemenangan ini sangat istimewa. Terutama tentang cara kami melakukannya. Menjadikannya kemenangan yang lebih penting bagi saya," kata Honoré selepas lomba.

"Saya berharap Cerny bia bersama saya di sini, di podium. Kami memperlakukannya seperti balapan satu hari dan taktik itu terbayar saat kami lolos pada pendakian terakhir," imbuh pembalap asal Denmark tersebut.

Hasil Etape 5 tidak berpengaruh ke susunan pembalap di GC. McNulty masih bertengger di puncak klasemen dengan keunggulan 23 detik atas Primoz Roglic (Jumbo-Visma).

Tour of the Basque Country 2021 akan memasuki tahapan pamungkas, Sabtu (10/4) malam. Total jaraknya 111,9 kilometer. Dari Ondarroa menuju Arrate di Eibar. Etape ini adalah yang terberat. Memiliki tiga tanjakan Kategori 3, satu pendakian ketegori 2, serta tiga tanjakan Kategori 1.

Sekitar tiga kilometer sebelum finis di Arrate, pembalap harus menaklukkan tanjakan Kategori 1 di Usartza. Panjangnya 4,6 kilometer dengan kemiringan 8,6 persen. (mainsepeda)

Hasil Etape 5 Tour of the Basque Country 2021 (Top Ten)
1. Mikkel Honoré (Denmark), Deceuninck-QuickStep 3 jam 39 menit 54 detik
2. Josef Cerny (Ceko), Deceuninck-QuickStep +0
3. Julien Bernard (Prancis), Trek-Segafredo +17
4. Daryl Impey (Afrika Selatan), Israel Start-up Nation +28
5. Simon Clarke (Australia), Qhubeka Assos +28
6. Stefano Oldani (Italia), Lotto Soudal +28
7. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +28
8. Julien Simon (Prancis), Total Direct Energie +28
9. Magnus Cort (Denmark), EF Education-Nippo +28
10. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +28

General Classification usai 5 etape dari 6 etape (Top Ten)
1. Brandon McNulty (AmerikaSerikat), UAE Team Emirates 16 jam 5 menit 43 detik
2. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +23
3. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +28
4. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +36
5. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +43
6. Emanuel Buchmann (Jerman), Bora-Hansgrohe +1:07
7. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +1:13
8. Ion Izagirre (Spanyol), Astana-Premier Tech +1:15
9. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +1:23
10. Mauri Vansevenant (Belgia), Deceuninck-QuickStep +1:32

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 39

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS