Tour of the Basque Country 2021 - Etape 4
Izagirre Menang, McNulty Kudeta Roglic
by - April 09, 2021

Ion Izagirre (Astana-Premier Tech) memenangkan Etape 4 Tour of the Basque Country 2021, Kamis (8/4). Ia naik podium setelah mengalahkan Pello Bilbao (Bahrain Victorious) dalam sprint di Hondarribia. Brandon McNulty (UEA Team Emirates) yang finis ketiga, melesat ke puncak General Classification (GC).

Etape ini dimulai dari Vitoria-Gasteiz menuju Hondarribia. Panjang rutenya 189,2 kilometer. Ada dua tanjakan Kategori 3 di Deskarga dan Alkiza, serta satu tanjakan Kategori 2 di Jaizkibel. Menu utamanya adalah Erlaitz, tanjakan Kategori 1 sepanjang 4 kilometer dengan kemiringan 10,3 persen.

Tanjakan Erlaitz inilah yang menjadi kunci di Etape 4 ini. Setelah pendakian terakhir itu, pembalap disuguhi turunan kemudian jalan mendatar sepanjang 23 kilometer.

Izagirre, Pello Bilbao, McNulty, Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma), Emanuel Buchmann (Bora-Hansgrohe), dan Esteban Chaves (Team BikeExchange) membentuk kelompok kecil dan melarikan diri dari peloton setelah nanjak di Erlaitz. Mereka berhasil membuat gap hingga 30 detik.

Chaves menendang di 800 meter terakhir. Namun ia kehilangan tempatnya di sisa 200 meter. Lalu Izagirre menyerang dengan sprint yang panjang. Bilbao hampir mengalahkan pebalap Astana Premier Tech itu. Tapi ia kalah setengah ban dari Izagirre.

"Sebenarnya saya yakin Pello (Bilbao) menang. Ketika saya melihatnya selebrasi, saya mengucapkan selamat kepadanya. Tapi kemudian mereka mengatakan bahwa sebenarnya saya yang menang. Jadi saya merasa luar biasa," ucap Izagirre seusai lomba.

Hasil Etape 4 membuat McNulty menggusur Roglic dari puncak GC. Pembalap asal Amerika Serikat itu unggul 23 detik atas jagoan Jumbo-Visma. Dengan sisa dua etape, membuat McNulty memiliki kesempatan untuk memenangkan balapan ini.

"Saya merasa baik dan siap menghadapi dua etape terakhir. Etape berikutnya bisa menjadi tahapan yang rumit. Lalu Sabtu nanti akan menjadi hari yang epik. Kami akan melakukan yang terbaik untuk mempertahankan posisi ini," tegas pembalap 23 tahun itu.

Kegagalan Roglic mempertahankan puncak GC menjadi perbincangan tersendiri. Ia dinilai terlambat bereaksi terhadap serangan McNulty dan lima pembalap terdepan. Roglic akhirnya finis di urutan 14. Tertinggal 49 detik di belakang Izagirre.

"Kita lihat pada Sabtu malam jika ternyata kami mengambil keputusan salah dan kami seharusnya membuat Primoz tetap mengejakan jersey pemimpin. Tapi balapan masih jauh dari selesai dan untuk saat ini kami dapat hidup dengan baik dengan situasi ini," terang Directeur sportif Grischa Niermann. (mainsepeda)

Hasil Etape 4 Tour of the Basque Country 2021 (Top Ten)
1. Ion Izagirre (Spanyol), Astana-Premier Tech 4 jam 17 menit 7 detik
2. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +0
3. Brandon McNulty (Amerika Serikat), UAE Team Emirates +0
4. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +0
5. Emanuel Buchmann (Jerman), Bora-Hansgrohe +0
6. Esteban Chaves (Kolombia), Team BikeExchange +2
7. Patrick Bevin (Selandia Baru), Israel Start-up Nation +49
8. James Knox (Inggris) Deceuninck-QuickStep +49
9. Quinten Hermans (Belgia) Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +49
10. Alejandro Valverde (Spanyol) Movistar +49

General Classification usai 4 etape dari 6 etape (Top Ten)
1. Brandon McNulty (AmerikaSerikat), UAE Team Emirates 12 jam 25 menit 21 detik
2. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +23
3. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +28
4. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +36
5. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +43
6. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +1:02
7. Emanuel Buchmann (Jerman), Bora-Hansgrohe +1:07
8. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +1:13
9. Ion Izagirre (Spanyol), Astana-Premier Tech +1:15
10. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +1:23

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 39

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS