Alex Aranburu Menang, Primoz Roglic Puncaki GC

Alex Aranburu (Astana-Premier Tech) memenangkan Etape 2 Tour of the Basque Country 2021, Selasa (6/4) malam. Selain itu, tim asal Kazakhstan ini berhasil mengantarkan Omar Fraile finis kedua. Sementara Primoz Roglic (Jumbo-Visma) tetap memuncaki General Classification (GC).

Tahapan kedua dari ajang ini dimulai dari Zalla menuju Sestao. Panjang rutenya 154,8 kilometer. Medannya tidak terlalu berat. Ada dua Tanjakan Kategori 3 dan satu tanjakan Kategori 2 di La Asturiana. Panjangnya 7,7 kilometer dengan kemiringan rata-rata 6,2 persen.

Setelah mendaki di La Asturiana, pembalap bertemu dengan turunan sepanjang 15 kilometer. Lalu nanjak lagi sekitar 800 meter dengan gradien 7,4 persen menuju garis finis di Sestao.

Sebanyak tujuh pembalap melakukan breakaway ketika lomba belum genap menempuh 30 kilometer. Satu per satu pembalap di kelompok terdepan mulai tertangkap peloton saat nanjak di La Asturiana. Kemudian seluruh pembalap bersatu kembali di 17 kilometer terakhir.

Setelah itu, Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) dan Max Schachmann (Bora-Hansgrohe) coba meninggalkan rombongan. Tapi mereka tertangkap kembali di 10 kilometer menjelang finis. Setelah itu giliran Aranburu yang menyerang. Ia berhasil mempertahankan keunggulannya hingga finis pertama di Etape 2 ini.

"Saya selalu bermimpi untuk menang di rumah. Kemenangan ini sesuatu yang besar," kata Aranburu kepada Basque TV seperti yang dilansir Velonews. "Saya merasa baik, saya melihat peluang, saya menyerang, dan memberikan segalanya sampai akhir," imbuh pembalap 25 tahun ini.

Ini adalah kemenangan pertama Aranburu selama hampir dua tahun. Ia kali terakhir naik podium di Etape 4 Vuelta a Burgos pada Agustus 2019 lalu. Selain itu, kemenangan Aranburu sekaligus yang perdana bagi tim Astana-Premier Tech musim ini.

Sementara itu, finis keenam di Etape 2 membuat Roglic tetap memuncaki GC. Pembalap Slovenia itu unggul lima detik dari Aranburu. Selanjutnya, Etape 3 membawa pembalap melahap rute sejauh 167,7 kilometer dari Amurrio ke Ermualde (Laudio).

Medannya rolling dengan dua tanjakan Kategori 3 dan satu tanjakan Kategori 2. Finisnya di tanjakan Kategori 1 di Santa Maria de Yermo. Panjangnya 3,1 kilometer dengan kemiringan 10,2 persen. (mainsepeda)

Hasil Etape 2 Tour of the Basque Country 2021 (Top Ten)
1. Alex Aranburu (Spanyol), Astana-Premier Tech 3 jam 45 menit 32 detik
2. Omar Fraile (Spanyol), Astana-Premier Tech +15
3. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +15
4. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +15
5. Michael Woods (Kanada), Israel Start-up Nation +15
6. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +15
7. Max Schachmann (Jerman), Bora-Hansgrohe +15
8. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +15
9. Sergio Higuita (Kolombia), EF Education-Nippo +15
10. Alejandro Valverde (Spanyol) Movistar +15

General Classification usai 2 etape dari 6 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 4 jam 3 menit 4 detik
2. Alex Aranburu (Spanyol), Astana-Premier Tech +5
3. Brandon McNulty (AmerikaSerikat), UAE Team Emirates +6
4. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +24
5. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +28
6. Max Schachmann (Jerman), Bora-Hansgrohe +31
7. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +32
8. Omar Fraile (Spanyol), Astana-Premier Tech +34
9. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +40
10. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +42

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 38

Foto: Getty Images


COMMENTS