Van Aert Menjuarai Gent–Wevelgem 2021
by - March 28, 2021
Van Aert Menjuarai Gent–Wevelgem 2021
by MainSepeda - March 28, 2021

Wout van Aert sudah mencoba di Strade Banche, tapi ia gagal menjadi pemenang. Kemudian ia mencoba lagi di Milan-San Remo. Lagi-lagi gagal juara. Percobaan ketiga di lakukan di kandang sendiri, di Belga. Ia turun di E3 Saxo Bank Classic. Sayang Van Aert hanya finis kesebelas di race ini.

Keberuntungan akhirnya menghampiri Van Aert di percobaan keempat. Pembalap Jumbo-Visma tersebut berlaga di Gent–Wevelgem, Minggu (28/3) malam. Ia berhasil menjadi kampiun setelah menyelesaikan lomba sepanjang 247 kilometer dengan catatan waktu 5 jam 45 menit 11 detik.

"Saya telah memenangkan banyak balapan hebat. Akan tetapi, saya sering melewatkan kemenangan di balapan Flemish. Itulah sebabnya kemenangan ini sangat berarti bagi saya. Sebab saya telah menunggunya sejak lama," katanya seusai balapan.

Gent–Wevelgem 2021 dibuka dengan aksi breakaway oleh empat pembalap. Kemudian 21 pembalap melepaskan diri dari peloton dan membentuk grup kecil di belakang kelompok breakaway. Van Aert hingga Sam Bennett (Deceuninck-QuickStep) berada di kelompok kedua ini.

Kelompok pengejar berhasil menangkap pembalap breakaway di sisa 145 kilometer. Kemudian mereka membentuk kelompok baru yang terdiri dari 25 pembalap. Angin kencang membuat peloton terpecah menjadi beberapa echelon. Grup terdepan pun rontok hingga menyisakan tujuh pembalap yang bersaing sejak 15 kilometer terakhir.

Van Aert bergabung dengan enam pembalap lain di kelompok terdepan. Terima kasih kepada Nathan van Hooydonck yang telah menuntun pembalap dengan bayaran termahal di Jumbo-Visma itu hingga 300 meter menjelang finis di Wevelgem.

Van Hooydonck langsung melambat setelah menyelesaikan tugasnya. Kemudian ia membiarkan rekan setimnya di Jumbo-Visma itu tancap gas. Van Aert meluncur sangat kencang. Pembalap 26 tahun ini finis pertama, disusul dua pembalap asal Italia, Giacomo Nizzolo (Qhubeka Assos) dan Matteo Trentin (UAE Team Emirates).

"Saya dan Nathan bekerja sama dengan baik. Ia memimpin di kilometer terakhir dan itu sangat bagus. Chapeau untuknya," puji Van Aert kepada koleganya itu. "Wout bisa melakukan segalanya. Jadi saya tidak pernah ragu bahwa ia akan memenangkan sprint tersebut," sanjung Van Hooydonck.

Sebelum juara di Gent–Wevelgem 2021, Van Aert mengantongi dua kemenangan etape di Tirreno-Adriatico. Ia akan bertahan di Belgia hingga awal bulan depan. Kemudian Van Aert turun di Tour of Flanders yang digeber 4 April nanti. (mainsepeda)

Hasil Gent–Wevelgem 2021 (Top Ten)
1. Wout Van Aert (Belgia), Jumbo-Visma 5 jam 45 menit 11 detik
2. Giacomo Nizzolo (Italia) Qhubeka Assos +0
3. Matteo Trentin (Italia), UAE Team Emirates +0
4. Sonny Colbrelli (Italia) Bahrain Victorious +0
5. Michael Matthews (Australia) Team BikeExchange +0
6. Stefan Kung (Swi) Groupama-FDJ +0
7. Nathan Van Hooydonck (Belgia), Jumbo-Visma +3
8. Dylan van Baarle (Belanda), Ineos Grenadiers +52
9. Anthony Turgis (Prancis), Total Direct Energie +54
10. Gianni Vermeersch (Belgia), Alpecin-Fenix +1:25

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 37

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS