Ratjoen CC Nanjak ke Batu, Lalu Bersua Satwa Afrika

Ratjoen Cycling Club bikin acara seru, Minggu (28/3) pagi. Mereka gowes menuju Kota Batu. Lokasi finisnya di objek wisata Batu Secret Zoo. Tak sekadar makan-makan dan foto-foto saja, memberi Ratjoen juga bisa gowes di tempat itu, sekaligus berinteraksi dengan berbagai fauna yang ada di sana.

Official route, begitu acara ini disebut, merupakan agenda rutin salah satu komunitas terbesar di Indonesia itu. Pada acara hari ini, jumlah pesertanya sekitar 150 orang. Mayoritas adalah anggota Ratjoen yang berasal dari luar Malang Raya. Selain itu, agenda ini juga diikuti member anyar Ratjoen.
Seluruh peserta gowes mengenakan jersey anyar Ratjoen yang berwarna biru. Start-nya dari Persada Hospital di daerah Blimbing, Kota Malang. Dari sana mereka nanjak menuju Batu Secret Zoo via Tlekung. Total jaraknya sekitar 30 kilometer dengan elevasi 400 meter.

Setibanya di garis finis, member Ratjoen langsung dipersilahkan untuk gowes di dalam Batu Secret Zoo. Konsep ini membuat official route kali ini berlangsung lebih fun. Apalagi member Ratjoen bisa memberi makan dan berfoto dengan satwa dari Afrika.

Franciska Wong berinteraksi dengan jerapah Afrika di Batu Secret Zoo

Setelah puas mejelajahi Batu Secret Zoo dengan bersepeda, member Ratjoen foto bareng di depan objek wisata yang tergabung di Jawa Timur (Jatim) Park Group ini. Jatim Park merupakan salah satu sponsor yang mendukung kiprah Ratjoen dalam beberapa tahun terakhir.

BACA JUGA: Jersey Baru Ratjoen CC, Biru dengan Siluet Garuda

"Gowes kali ini lebih banyak diikuti member kami yang berasal dari luar kota. Ada dari Cepu, Semarang, Jombang, dan Surabaya. Selain itu banyak member baru yang hadir. Jadi ini gowes bareng sekaligus saling berkenalan para member," terang Irawan Djakaria, pentolan Ratjoen CC.

Salah satu member baru Ratjoen CC yang ikut gowes ke Batu Secret Zoo adalah Ristra Ramadhani. Dokter muda alumnus Universitas Airlangga belum genap sebulan menjadi anggota Ratjoen. Cyclist 23 tahun tersebut sangat bangga bisa menjadi bagian dari Ratjoen.

"Saya senang bisa bergabung dan diterima dengan baik di komunitas bersepeda yang sudah ternama ini, dan berasal dari kota kelahiran saya sendiri. Saya juga senang karena bisa berpeloton lagi setelah lama vakum karena pandemi. Tentunya dengan menjalankan protokol kesehatan," ucapnya.

Johnny Ray menjadi sasaran foto bareng para anggota Ratjoen CC

Gowes makin semarak dengan kehadiran Johnny Ray. Cyclist sekaligus YouTuber kondang dari Surabaya ini hadir sebagai perwakilan sponsor. Mengenakan jersey Mainsepeda berwarna hitam buatan SUB, Johnny Ray menjadi sasaran foto para anggota Ratjoen CC.

"Wah Johnny Ray nge-top sekali. Tak terhitung berapa banyak yang mengajaknya berfoto," ungkap Pak Kom, sapaan akrab Irawan Djakaria.

Menjelajahi Batu Secret Zoo dengan sepeda menjadi pengalaman baru bagi Johnny Ray. Sangat menyenangkan karena ia dapat berkeliling ketika objek wisata ini belum dibuka. Sehingga belum ada pengunjung. Hanya member Ratjoen CC saja.

"Seru sekali. Saat Batu Secret Zoo tidak ada orang, kami bisa mendengar suara-suara binatang, dan cuma kami saja yang ada di dalam. Kami yang masuk juga tidak banyak, dibagi per kelompok. Luar biasa, seperti mendapat privilese," aku Johnny Ray. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 37

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Darius Haryanto, Dokumentasi Ratjoen CC


COMMENTS