Jersey Baru Ratjoen CC: Biru dengan Siluet Garuda

Ratjoen Cycling Club tampil lebih segar pada 2021 ini. Salah satu komunitas road bike terbesar di Indonesia itu mengusung warna biru dalam jersey barunya. Jersey anyar ini diperkenalkan ke publik pada Minggu (31/1) lewat sebuah video pendek yang sangat keren.

Ratjoen CC telah menanggalkan warna merah gradasi kuning yang mereka kenakan sepanjang 2020. Sebagai gantinya, mereka memilih warna biru dengan siluet garuda Pancasila. Warna biru memang identik dengan Malang Raya, kota di mana komunitas ini berasal.

Sama halnya dengan jersey tahun lalu, kostum anyar Ratjoen CC diproduksi oleh SUB. Mereka menggunakan SUB-PRO, produk premium dari produsen jersey yang berbasis di Surabaya tersebur. Jadi, selain bahan dengan kualitas istimewa, jersey ini sangat nyaman dikenakan.

Acara launching jersey-nya dibikin berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Setahun lalu, Ratjoen CC memperkenalkan jersey barunya dengan acara gowes dari Kota Malang ke Kota Batu. Pesertanya 355 cyclist dari 17 komunitas di Jawa Timur (Jatim), dan provinsi lain.

Pada tahun ini, jersey anyar Ratjoen CC diperkenalkan lewat video pendek yang diunggah di akun media sosial. Dalam video itu, tampak tujuh cyclist sedang gowes bareng dengan yang mengenakan jersey 2020. Satu per satu di antara mereka menghilang hingga menyisakan satu orang saja.

Saat berhenti untuk minum, tiba-tiba si survivor ini telah bertransformasi dengan jersey baru bercorak biru. Video ini diakhiri dengan hormat kepada bendera Merah Putih di puncak bukit. Lewat video ini, Ratjoen CC mengajak member dan masyarakat untuk tetap bertahan dan terus melangkah di tahun baru ini.

"Jersey baru sudah mulai didistribusikan sejak Minggu siang. Rencananya, jika sudah terdistribusi semua, kami bikin gowes dengan grup kecil di masing-masing kota," kata Irawan Djakaria, salah satu pentolan Ratjoen CC.

Ratjoen CC memang berasal dari Malang. Akan tetapi, anggotanya ada di mana-mana. Bahkan di Manado hingga Papua pun ada. Menurut Pak Kom, sapaan akrab Irawan Djakaria, jumlah member sudah lebih dari 300 orang. Mereka berasal dari berbagai ragam usia dan latar belakang.

Pak Kom bercerita, proses penjaringan sponsor dimulai sekitar September 2020. Dua bulan lebih awal dari tahun-tahun sebelumnya. Tak disangka ada banyak sponsor baru yang ingin bergabung. Mereka mendapatkan support dari Bank Mandiri, Unilever, Jatim Park, Trek, Giro, Persada Hospital, Auto 2000 Sukun, serta Mainsepeda.

Ratjoen CC akan berulang tahun kedelapan pada Mei nanti. Masih belum terpikirkan bagaimana kemasan perayaan ulang tahun di 2021 ini. Mereka hanya berharap pandemi ini segera berakhir, dan aktivitas bisa berangsur normal kembali. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 29

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Ratjoen CC


COMMENTS