Sagan Akhirnya Menang, Yates di Ambang Juara

Bravo, Peter Sagan akhirnya mendapatkan kemenangan pertamanya musim ini. Rider tim Bora-Hansgrohe itu finis pertama di Etape 6 Volta a Catalunya 2021, Sabtu (27/3) malam. Sagan menang sprint lawan Daryl Impey (Israel Start-up Nation) dan Juan Sebastian Molano (UAE Team Emirates) di Mataro.

Perjalanannya pada musim ini memang menarik. Sagan beserta dua pembalap tim Bora-Hansgrohe lainnya terpapar Covid-19 setelah menuntaskan pelatihan di Gran Canaria. Sialnya, masalah itu menimpanya saat musim balap 2021 akan dimulai.

Dampaknya sangat besar. Sagan harus menepi selama lebih dari enam pekan dan membuatnya absen di sejumlah agenda balap. Baginya, terpapar Covid-19 adalah bencana. Kerja keras yang dilakukan selama musim dingin, menguap sia-sia.

Tak mengherankan apabila Sagan tampil kurang greget di Tirreno-Adriatico. Jangankan menang, masuk ke sepuluh besar pun tidak. Sagan mulai menemukan bentuk terbaiknya di Milan-San Remo. Sayang pembalap 31 tahun itu gagal menjadi pemenang setelah dipaksa puas finis di peringkat empat.

Kesabaran dan kerja keras Sagan akhirnya berbuah manis. Pembalap Slovakia itu naik podium di Etape 6 balapan Volta a Catalunya 2021. "Saya merasa luar biasa. Sebab saya memang berharap untuk menang," katanya seusai lomba.

Sagan menjelaskan, tim Bora-Hansgrohe memang berencana mengontrol balapan sejak awal. Strategi ini berjalan sangat mulus dan berakhir sesuai harapan. Sagan mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim atas dukungan untuknya di race ini.

Dibandingkan rute di tiga tahapan terakhir, rute yang tersaji di etape 7 memang lebih bersahabat. Jaraknya memang cukup panjang 193,8 kilometer. Lomba dimulai dari Tarragona menuju Mataro. Hanya ada dua tanjakan Kategori 3 di rute kali ini.

Setelah bertahan lama di peloton, Sagan baru tancap gas saat adu sprint di Mataro. Sagan melaju sangat kencang tanpa mampu dijangkau Impey atau Molano. "Setelah Tirreno-Adriatico dan Milan-San Remo, saya sebenarnya sedikit lelah. Tapi saya senang atas kemenangan ini," aku Sagan.

Sementara itu, hasil di Etape 6 tidak berpengaruh ke tempat Adam Yates (Ineos Grenadiers) di General Classification (GC). Yates masih bertahan di pundak dengan keunggulan 45 detik atas rekan setimnya Richie Porte. Yates wajib mempertahankan kedudukannya di etape pamungkas nanti. (mainsepeda)

Hasil Etape 6 Volta a Catalunya 2021 (Top Ten)
1. Peter Sagan (Slovakia), Bora-Hansgrohe 4 jam 23 menit 18 detik
2. Daryl Impey (Afrika Selatan), Israel Start-up Nation +0
3. Juan Sebastian Molano (Kolombia), UAE Team Emirates +0
4. Reinardt Janse Van Rensburg (Afrika Selatan), Qhubeka Assos +0
5. Alexander Kamp (Denmark), Trek-Segafredo +0
6. Clement Venturini (Prancis), AG2R Citroën +0
7. Max Kanter (Jerman), Team DSM +0
8. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +0
9. Michael Valgren (Denmark), EF Education-Nippo +0
10. Maxim Van Gils (Belgia), Lotto Soudal +0

General Classification usai 6 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers 23 jam 8 menit 45 detik
2. Richie Porte (Australia), Ineos Grenadiers +45
3. Geraint Thomas (Inggris Raya), Ineos Grenadiers +49
4. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +1:03
5. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +1:03
6. Esteban Chaves (Kolombia), Team BikeExchange +1:04
7. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +1:07
8. Hugh Carthy (Inggris), EF Education-Nippo +1:20
9. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +1:29
10. Simon Yates (Inggris) Team BikeExchange, +1:32

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 37

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS