Tour de France 2023 Dimulai dari Bilbao

Tour de France 2023 akan dimulai di Bilbao. Amaury Sport Organisation (ASO) menunjuk salah satu kota di Basque Country di utara Spanyol ini untuk menjadi tuan rumah Grand Depart 2023. Tour de France akan merayakan balapan edisi ke-110 di sana.

Tour de France telah mengumumkan di akun resminya Jumat (26/3) malam bahwa Grand Depart 2023 akan dilakukan di Spanyol. Tepatnya di Kota Bilbao. Balapan akan dimulai pada 1 Juli 2023. Ini adalah kali kedua balapan terakbar di dunia ini dimulai di Basque Country pada 1992 lampau.

ASO mengungkapkan beberapa detail tentang tahapan pembuka di Tour de France 2023. Etape 1 digelar di sekitar Bilbao. Etape kedua dilangsungkan di sejumlah wilayah di kawasan Basque. Kemudian etape 3 akan membawa para pembalap menuju ke Prancis.

Tour de France kali pertama mengunjungi Basque pada 1949 ketika Louis Caput menang di San Sebastián. Kemudian balapan kembali menyambangi wilayah ini pada 1977 saat José Nazaba menang di Vitoria. Lalu Grand Depart dilangsungkan di Basque Country pada 1992 silam.

Sementara itu, Tour de France 2021 akan dimulai di Brest, dengan beberapa etape digeber di Brittany. Tour de France tahun ini akan berlangsung 26 Juni-18 Juli. Sedangkan balapan 2022 nanti akan dibuka di ibu kota Denmark, Kopenhagen.

Menurut Cyclingnews, Basque Country adalah salah satu wilayah yang dihindari La Vuelta a España selama 30 tajun karena ancaman kekerasan dari kelompok pro-kemerdekaan. Tapi, Grand Tour di Spanyol itu telah mengunjungi Bilbao pada 2011.

Bahkan balapan La Vuelta dimulai di Basque Country pada tahun lalu setelah urung dibuka di Belanda karena pandemi Covid-19. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 37

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: ASO


COMMENTS